Beberapa Istilah Pangan, Gizi dan Kesehatan bagi Peserta Lomba Kreasi Lagu

Pangan

Adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati produk pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan, perairan, dan air, baik yang diolah maupun tidak diolah yang diperuntukkan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia, termasuk bahan tambahan pangan, bahan baku pangan, dan bahan lainnya yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan, dan/atau pembuatan makanan atau minuman (UU PANGAN).

  • Terdiri dari makanan dan minuman
  • Dalam bentuk padat, semi padat atau cair
  • Termasuk bahan tambahan pangan (BTP) yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan, dan/atau pembuatan makanan atau minuman.

Kualitas Pangan

Adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati produk pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan, perairan, dan air, baik yang diolah maupun tidak diolah yang diperuntukkan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia, termasuk bahan tambahan Pangan, bahan baku Pangan, dan bahan lainnya yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan, dan/atau pembuatan makanan atau minuman.


Pangan Berkualitas atau Bermutu

  • Aman
  • Bergizi
  • Disukai atau diterima secara sensorik

Pangan Lokal

Adalah makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat setempat sesuai dengan potensi dan kearifan lokal. Bisa lokal disuatu darah atau lokal disuatu negara.


Pangan Olahan

Adalah makanan atau minuman hasil proses dengan cara atau metode tertentu dengan atau tanpa bahan tambahan.


Keamanan Pangan

Adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah Pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan Kesehatan manusia serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat sehingga aman untuk dikonsumsi (UU PANGAN).


Pangan Aman

  • Bila dikonsumsi tidak mengganggu, merugikan dan membahayakan kesehatan manusia
  • Bila dikonsumsi  tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat (termasuk Halal)

Sanitasi Pangan

Adalah upaya menciptakan dan mempertahankan kondisi pangan yang sehat dan higienis yang bebas dari bahaya cemaran biologis, kimia, dan benda lain.


Cek KLIK

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia meminta konsumen untuk memilih pangan aman dengan melakukan Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar dan Kadaluwarsa)


Status Gizi

Kondisi tubuh sebagai akibat dari makanan dan minuman yang dikonsumsi yang dapat dinilai berdasarkan ukuran tubuh, pemeriksaan biokimia, asupan gizi, dan tanda atau gejala klinik.


MASALAH GIZI sering terjadi pada Remaja & Dewasa

  • Obesitas
  • Kurus (Kurang Energi kronik)
  • Anemia, terutama pada perempuan

MASALAH GIZI yang sering terjadfi pada pada Ibu Hamil dan Anak

  • Anemia Gizi (sekitar separuh ibu hamil saat ini mengalami anemia) terutama karena kekurangan lauk-pauk dan buah secara kronik
  • Kurang Energi Kronik terutama pada wanita hamil. KEK terjadi karena kekurangan asupan energi dan protein (makanan pokok dan lauk-pauk) secara kronik
  • Stunting terutama pada bayi dan anak balita. Bayi lahir pendek atau stunting terutama karena ibu hamil kurang gizi ( anemia dan KEK)

Stunting

Panjang badan bayi atau tinggi badan anak (terutama balita) yang tidak mencapai panjang badan atau tinggi badan minimal yang seharusnya untuk hidup sehat.
Atau
Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak berusia di bawah lima tahun (balita) akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.


Penyebab Stunting

  • Penyebab utama stunting adalah kurang asupan gizi, infeksi atau gangguan penyakit, termasuk karena pangan yang tidak aman
  • Dapat terjadi karena Ibu hamil kurang gizi, dan mengalami gangguan kesehatan sehingga melahirkan bayi kecil dan pendek
  • Dapat terjadi pada bayi karena tidak diberikan ASI ekslusif sampai umur 6 bulan
  • Dapat terjadi pada anak usia 6-24 bulan karena anak tidak diberikan ASI dan MP-ASI (Makanan pendamping ASI) yang cukup dan berkualitas.
  • Dapat terjadi pada anak usi 2-5 tahun  karena kurang makan dan gangguan penyakit

Upaya Utama Cegah Stunting

    1. Menjamin pemenuhan asupan gizi ibu Hamil, Bayi dan Anak Balita*
    2. Memperbaiki pola asuh Bayi dan Anak Balita
    3. Meningkatkan akses dan kualitas pelayanan Kesehatan bagi Remaja, Calon Ibu hamil, Ibu Hamil, Bayi dan Anak balita
    4. Meningkatkan akses air bersih dan sanitasi bagi semua keluarga

*Pemenuhan gizi bayi dan anak balita termasuk pemberian ASI Ekslusif pada bayi sebelum usia 6 bulan dan pemberian MP-ASI yang aman bergizi bagi anak usia 6-24 bulan


Anemi

  • Kondisi jumlah sel darah merah tidak mencukupi yang menyebakan tubuh kekurangan oksigen
  • Sering disebut kurang darah
  • Gejala anemia dapat berupa mudah lesu, lelah, letih, lalai atau tidak konsentrasi (4L), pucat, pusing dan detak jantung cepat
  • Sering terjadi pada ibu hamil, remaja wanita dan anak balita
  • Umumnya terjadi karena kekurangan protein, zat besi, vitamin C, vitamin B-kompleks
  • Dapat juga terjadi karena pendarahan (luka, menstruasi), gangguan metabolisme, pengaruh minum obat, autoimun, kanker, dll
  • Bila terjadi karena kekurangan gizi disebut anemia gizi yang dapat diatasi dengan meningkatkan konsumsi lauk-pauk dan buah segar;  atau bila perlu disertai konsumsi suplemen misalnya Tablet Tambah Darah (TTD)

Gizi Seimbang

Kondisi tubuh sebagai akibat dari makanan dan minuman yang dikonsumsi yang dapat dinilai berdasarkan ukuran tubuh, pemeriksaan biokimia, asupan gizi, dan tanda atau gejala klinik.


Pilar Gizi Seimbang

Ada 4 pilar Gizi Seimbang yaitu:

  1. Mengonsumsi makanan dengan beranekaragam
  2. Menerapkan pola hidup bersih dan sehat
  3. Membiasakan aktifitas fisik  atau olahraga
  4. Memantau berat badan dan menjaga berat badan normal

Beda dengan Gizi Seimbang dengan Empat Sehat Lima Sempurna

  • Empat sehat lima sempurna (4S5S) adalah panduan gizi masa lalu, yang kini digantikan oleh Gizi Seimbang
  • Isi piringku adalah media edukasi untuk menerapkan gizi seimbang pada setiap kali makan
  • ES5S sudah tidak cocok lagi karena perkembangan Iptek Gizi dan permasalahan gizi saat ini

Obesitas

Berat badan diatas batas normal karena timbunan lemak tubuh berlebihan berdasarkan standar yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.


Upaya Utama Cegah Obesitas pada Remaja dan Dewasa

  1. Menerapkan Gizi Seimbang yang mencakup 4 pilar Gizi Seimbang
  2. Empat pilar gizi seimbang  adalah: Mengonsumsi anekaragam makanan dengan menerapkan Isi Piringku, mencuci tangan dan menerapkan perilaku hidup bersih, Melakukan aktifitas fisik yang cukup,  Memantau berat badan dan mewujudkan berat badan normal
  3. Membatasi asupan gula, garam dan lemak
  4. Minum air putih yang aman dalam jumlah yang cukup
  5. Cukup istirahat dan minimal stres

Kesehatan

Kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi (UU Kesehatan).


Sehat

Adalah keadaan yang sempurna baik fisik, mental, maupun sosial, tidak hanya terbebas dari penyakit atau kelemahan/cacat.


Hidup Sehat

Kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi (UU Kesehatan).

Cara hidup mengurangi risiko sakit, memperlambat penuaan,  mampu menikmati kehidupan secara fisik, mental, dan kesejahteraan social; serta dapat mewujudkan lingkungan sehat di dalam keluarga dan di masyarakat  (WHO).

Atau

Suatu komitmen jangka Panjang untuk menjaga atau melakukan atau menjaga fungsi tubuh sehingga berdampak baik bagi kesehatan.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.