3 Perempuan Sukses Ini Punya Satu Kesamaan yang Mungkin Ngga Kamu Duga

perempuan sukses

Halo Teman Sehat, Selamat Hari Perempuan Internasional! Dengan mengangkat tema “Women in the Changing World of Work: Planet 50-50 by 2030″, fokus hari internasional ini adalah kesetaraan gender, terutama dalam hal dunia pekerjaan. Nah, berikut ini adalah 3 perempuan sukses yang udah ngga perlu diragukan lagi kehebatannya, yang ternyata punya concern yang sama tentang 1 hal. Apakah itu?

1. Sri Mulyani

201607027-srimulyani-reuters

Siapa yang ngga tau dengan tokoh yang satu ini? Tokoh perempuan yang bernama lengkap Sri Mulyani Indrawati ini bahkan menempati posisi ke-37 sebagai wanita yang paling berpengaruh di dunia versi Forbes. Iya, di dunia!

Dilahirkan di Bandar Lampung pada tahun 1962, Ibu Sri Mulyani kemudian menempuh pendidikan S1 di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, kemudian melanjutkan S2 dan S3 ekonomi di University of Illinois, Amerika Serikat. Kehebatan Ibu Sri Mulyani udah diakui oleh dunia dan pasti kamu juga udah tau segudang prestasi beliau.

Walaupun Ibu Sri Mulyani adalah pakar bidang ekonomi, namun beliau menyebutkan bahwa 1000 Hari Pertama Kehidupan merupakan periode yang sangat menentukan status gizi anak bangsa, yang secara ngga langsung berhubungan dengan status ekonomi bangsa.

2. Susi Pudjiastuti

Susi-Pudjiastuti-20141029-Johan

Mungkin kamu tau, sebelum jadi Menteri Kelautan dan Perikanan, Ibu Susi adalah pengusaha yang sukses banget! Padahal, Ibu Susi dilahirkan dari keluarga yang sederhana di Pangandaran. Walaupun keadaan memaksanya berhenti sekolah ketika SMA, tapi semangat berjuang dan pantang menyerahnya wajib ditiru nih, Teman Sehat! Salah satu perusahaan yang ngetop miliknya adalah pesawat terbang. Anti mainstream banget kan buat perempuan?

Setelah menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, Ibu Susi punya misi besar buat menjadikan laut sebagai masa depan bangsa karena saking besarnya potensi kelautan kita yang kaya akan zat gizi.

Ibu Susi menyebutkan bahwa konsumsi ikan pada anak Indonesia masih sangat rendah. Padahal, ikan adalah sumber protein dan zat gizi yang bagus banget buat mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, mulai dari pertumbuhan tinggi badan sampai fungsi otak.

Akibatnya, 1 dari 3 anak Indonesia punya postur tubuh pendek, alias stunting.

3. Melinda Gates

Melinda-Gates-Portrait-01

Istri Bill Gates ini ternyata ngga kalah keren dari suaminya, Teman Sehat. Dengan semangat berbagi yang tinggi, Melinda udah mengeluarkan 4,2 juta USD pada tahun 2015 dan lebih dari 36,7 juta USD pada tahun 2016 buat urusan sosial melalui yayasan yang didirikannya bersama Bill Gates, yaitu “Bill & Melinda Gates”. Melinda dan sang suami emang berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan semua orang di dunia.

Perempuan yang menempati ranking ke-4 sebagai perempuan paling berpengaruh di dunia versi Forbes ini ternyata lulusan Fuqua School of Business dan Duke University loh.

Fokus utama Melinda saat ini adalah untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan, sehingga banyak program kerja yayasannya yang berhubungan dengan hal itu. Salah satunya adalah “2016 initiative” yang akan menyalurkan dana sebesar 80 juta USD untuk pengumpulan data-data penting di negara-negara berkembang di dunia selama 3 tahun kedepan. Hal ini dilakukan agar informasi yang terkumpul bisa digunakan untuk memformulasikan upaya yang harus dilakukan untuk mencapai kesetaraan gender. Duh, cool banget kan!

Ternyata, 3 tokoh perempuan sukses tadi sama-sama punya 1 misi utama: meningkatkan status gizi dan kesehatan orang banyak. Kok bisa ya? Iya, karena dengan status gizi dan kesehatan yang baik, sumber daya manusia di suatu negara atau bahkan di dunia, pasti jadi lebih baik, sehingga semua orang bisa produktif dan mencapai kemakmuran. Apakah kamu juga punya concern yang sama dengan ketiga perempuan sukses ini? (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *