Hati-Hati ternyata Stress Dapat Picu 9 Masalah Kesehatan Ini!

Halo Teman Sehat! Stress, siapa sih yang ngga pernah merasakan hal yang satu ini? Kita sering mendefinisikan stres dengan kondisi penuh tekanan atau kesulitan. Teman Sehat harus mulai hati-hati loh dengan stress, sebab stress yang sering kita alami setiap hari tidak hanya dapat memperburuk kondisi emosi dan psikis kita, namun juga ternyata dapat menjadi salah satu pemicu dari berbagai masalah kesehatan.

Jadi, apa aja sih masalah kesehatan dan penyakit yang dapat dipicu oleh stres? Yuk, cek satu per satu!

1. Penyakit jantung

Para peneliti telah menemukan bahwa stres emosional merupakan salah satu penyebab munculnya risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung yang serius seperti serangan jantung. Stres berperan dalam meningkatkan denyut jantung dan aliran darah, sehingga menyebabkan pelepasan kolesterol dan trigliserida ke dalam darah. Selain itu risiko ini semakin meningkat dengan kebiasaan merokok dan obesitas

2. Asma

Asma bisa muncul pada orang yang mengalami stress. Risiko asma meningkatan terutama jika terpapar polusi, dan asap rokok, apalagi kalau Teman Sehat udah punya riwayat asma sebelumnya.

3. Obesitas atau kegemukan

Teman Sehat tau ngga kalau ternyata kelebihan lemak di perut bisa menimbulkan risiko kesehatan yang lebih besar daripada lemak di kaki atau pinggu? Nah, hal ini utamanya terjadi pada orang-orang dengan stres yang tinggi. Stres menyebabkan kadar hormon kortisol lebih tinggi yang efeknya dapat meningkatkan jumlah lemak yang disimpan di perut.

4. Diabetes

Stres dapat memperburuk kondisi diabetes lewat 2 cara. Pertama, meningkatkan kemungkinan perilaku buruk, seperti makan yang tidak sehat dan minum berlebihan. Kedua, stress juga meningkatkan kadar glukosa dari orang dengan diabetes tipe 2 secara langsung. Nah, buat Teman Sehat yang udah didiagnosis menderita diabetes, ngga boleh stres-stres ya!

5. Sakit kepala

Stres dianggap sebagai salah satu pemicu paling umum untuk sakit kepala, tidak hanya sakit kepala karena tegang tetapi juga migrain loh! Simpelnya, kalau Teman Sehat lagi stres atau banyak pikiran pasti ujung-ujungnya sakit kepala kan?

6. Depresi dan kegelisahan

Stres yang terjadi pada waktu yang cukup lama ternyata dapat menimbulkan terhubung depresi dan kecemasan tingkat tinggi. Salah satu penelitian terbaru menemukan bahwa orang yang tingkat stresnya lebih tinggi dalam suatu pekerjaan berisiko 80% lebih tinggi terkena depresi dibandingkan orang dengan tingkat stres yang lebih rendah. So, enjoy your work ya!

7. Masalah pencernaan

Masalah psikis ternyata juga menjadi penyebab berbagai macam gangguan pencernaan seperti diare, iritasi usus, hingga penyakit gastroesophageal reflux loh!

8. Penyakit alzhaimer

Stress menjadi salah satu penyebab penyakit alzhaimer karena perannya dalam membentuk lesi otak menjadi lebih cepat. Berbagai penelitian juga menyebutkan bahwa mengurangi stress juga berpotensi dalam memperlambat perkembangan penyakit alzhaimer.

9. Penuaan dini

Penelitian yang dilakukan pada ibu-ibu yang merawat anak berpenyakit kronis (dengan asumsi stress harian yang tinggi), menunjukkan bahwa terdapat peningkatan penuaan yang cepat hingga 9 – 17 tahun dari waktu normal terutama dari segi mental

Nah, ternyata dampak stres sangat besar bagi kesehatan kita. Memang ngga masalah sih jika kita memiliki stress dalam keseharian, tapi jangan sampai stress tersebut berlebihan hingga berdampak buruk bagi kesehatan.  Yuk, share tips kamu dalam melawan stres!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *