4 Masalah pada Telinga yang Perlu Kamu Tahu!

Halo, Teman Sehat! Bagaimana keadaan kamu hari ini? Semoga dalam keadaan baik-baik saja, ya! Salah satu organ terpenting pada tubuh manusia yaitu, telinga. Telinga memiliki fungsi sebagai indera pendengaran, tapi tahukan kamu? Ternyata ada beberapa masalah, loh yang bisa terjadi pada telingamu. mau tahu apa aja? Yuk, simak!

1. Tinitus

Kamu pernah dengar masalah telinga yang satu ini? Yap, ternyata tinitus merupakan gangguan pendengaran dengan ciri adanya keluhan saat mendengar bunyi tanpa ada rangsangan bunyi dari luar. Bunyi mendengung, mendenging, menderu atau mendesis adalah salah satu keluhannya. Biasanya, masalah ini terjadi saat kamu bekerja di tempat bising, seperti para pekerja industi. Oh iya, selain itu tumor otak juga bisa memunculkan penyakit ini dan penurunan fungsi pendengaran, loh!

2. RKSTT (Radang Kronis atau Kronis Supratif Telinga Tengah)

RKSTT merupakan infeksi atau peradangan pada telinga tengah. Penyakit ini, ditandai dengan adanya lubang pada gendang telinga dan disertai dengan keluarnya cairan seperti nanah atau lendir selama lebih dari dua bulan. Gejalanya diawali dengan adanya infeksi berupa flu yang ngga diobati dengan baik, kemudian menyebar pada telinga melalui saluran yang menghubungkan telinga dengan rongga hidung.

3. Tuli akibat bising

Noise induced hearing loss atau tuli akibat bising, merupakan salah satu masalah telinga yang terjadi akibat seringnya mendengar suara bising yang cukup keras, dengan rentang waktu yang cukup lama. Biasanya disebabkan oleh suara bising di tempat kerja.

Nah, masalah ini bisa terjadi pada kedua telinga kamu, bahkan akan menyebabkan mudahnya kehilangan pendengaran secara permanen jika terlalu sering terpapar oleh suara bising, frekuensi tinggi, dan intensias bising yang lebih tinggi. Di Amerika, sebanyak 15% dengan rentang usia 20-69 tahun ternyata mengalami masalah hearing loss, loh!

4. Tuli bawaan atau genetik

Tuli genetik merupakan tuli yang disebabkan oleh faktor yang memengaruhi kehamilan maupun pada saat kelahiran anak. Pada seseorang yang mengalami hal ini, keadaannya akan memburuk seiring dengan berjalannya waktu. Ketulian jenis ini, juga memengaruhi perkembangan seseorang dalam berbicara, berbahasa, mendapatkan pengetahuan, pendidikan, dan hubungan sosial.

Nah, Teman Sehat itulah 4 masalah pada telinga yang perlu kamu tahu. Oleh sebab itu, yuk jaga dan sayangi telinga mu dengan mengurangi suara-suara yang cukup keras dan berlebihan saat mendengarkan musik atau bekerja. Jangan lupa gunakan alat pengaman saat bekerja di tempat yang bising, seperti penutup telinga.

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *