Yuk, Kenali Otitis dan Pencegahannya!

Teman Sehat, di artikel sebelumnya sudah dibahas beberapa masalah yang bisa terjadi pada telinga, salah satunya otitis. Yap, otitis merupakan salah satu masalah pada telinga yang membuat keadaan pendengaran kamu menjadi terganggu.

Penyebab otitis beragam, mulai dari masuknya benda asing hingga kuman yang menginfeksi telinga kamu. Jika ngga ditangani dengan baik, otitis bisa berbahaya, loh! Mau tahu lebih lanjut tentang penyakit ini dan cara mencegahnya? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Apa sih, otitis?

Otitis merupakan salah satu masalah yang terjadi pada telinga atau bisa disebut sebagai inflamasi (peradangan) pada telinga. Kondisi ini lebih rentan terjadi pada anak-anak berusia di bawah 5 tahun, yang bisa disebabkan oleh virus ataupun bakteri.

Taukah kamu, kalau di UK (United Kingdom) lebih dari dua pertiga anak mengalami infeksi penyakit ini. Usia puncak yang sering terjangkiti penyakit ini adalah umur 6-24 bulan, tapi risikonya akan terus menurun seiring bertambahnya usia.

Biasanya, penyakit ini lebih sering terjadi pada musim dingin, karena biasanya bersamaan dengan infeksi penyakit ‘flu’. Flu yang disertai batuk dan bersin, akan menyebabkan sudut pada telinga kamu menjadi lebih lebar, sehingga mudah dimasuki benda asing. Benda asing inilah yang bisa menyebabkan penyakit ini.

Inilah gejalanya,

Jika kamu merasa terjadi peradangan pada telinga bagian tengah yang diikuti dengan infeksi saluran pernapasan bagian atas, maka bisa jadi kamu terinfeksi penyakit ini. Selain itu, gejala lainnya adalah otalgia (nyeri di bagian telinga), malaise (lemas, pusing, mual, demam) dan muntah.

Demam yang terjadi juga disertai dengan kejang dan telinga luar memerah disertai gangguan dalam pendengaran. Lebih lanjutnya, keadaan gendang telinga telihat lebih merah dan tampak menonjol. Nah, jika gejala ini terjadi pada kamu atau orang terdekat, maka segera periksa lebih lanjut keadaanya ke spesialis THT untuk mendapatkan tiundakan lebih lanjut.

Yuk, lakukan pencegahannya!

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan risiko terinfeksi penyakit ini:

  • Rutin membersihkan telinga. Tapi, jangan terlalu sering, ya! Terlalu sering membersihkan telinga juga berpotensi mengakibatkan penyakit ini.
  • Menjaga kebersihan air dan sanitasi, agar terhindar dari virus dan bakteri.
  • Menjauhkan si kecil dari lingkungan yang penuh asap atau lingkungan perokok.
  • Menghindari kontak langsung dengan anak-anak yang sedang sakit atau terserang infeksi. Hal ini dikarenakan untuk menghindari penularan infeksi yang bisa menular.
  • Hindari makan dengan berbaring, karena akan meningkatkan risiko otitis. Jika kamu makan berbaring, maka akan menyebabkan kamu tersedak dan akan masuk ke dalam saluran pernapasan.

Nah, Teman Sehat sekarang kamu tahu kan, kalau penyakit ini bisa membahayakan pendengaran jika ngga ditangani lebih lanjut. Jangan lupa lakukan tips di atas dan terapkan pola hidup sehat, agar pendengaran kamu tetap terjaga dengan baik. So, tunggu apalagi sayangi pendengaran mu, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *