4 Tanaman ini bisa Menghindari Kamu dari Gigitan Nyamuk

Teman Sehat, dalam rangka memperingati Hari Malaria Sedunia, World Health Organization (WHO) mengajak kamu untuk sama-sama mencegah penyakit malaria yang dimulai dari diri diri sendiri atau Zero Malaria Start with Me. Kira-kira apa ya, yang bisa kamu lakukan dalam mencegah penyakit ini?

Menurut buku saku yang diterbitkan oleh Kemenkes, penyakit ini disebabkan oleh parasit Plasmodium yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles. Nah, kamu bisa mulai mencegahnya dengan mengusir nyamuk yang ada di lingkungan sekitar dengan cara menanam 4 tanaman ini. Mau tahu apa aja tanamannya? Yuk, simak! Lets’ check it out!

1. Lemon Eucalyptus

Daun dan batang pada tanaman ini, banyak digunakan sebagai bahan dasar pembutan minyak untuk mengurangi gangguan dari gigitan nyamuk. Zat aktif alami yang terkandung di dalam tanaman ini, yaitu PMD (para-methane-3,8-diol) bermanfaat untuk mengusir nyamuk, yang setara dengan zat kimia DEET yang biasa digunakan sebagai zat aktif pengusir serangga yang telah diakui oleh CDC (Center for Disease Control and  Prevention). Kamu bisa memanfaatkan tanaman ini dalam keadaan utuh atau diolah menjadi minyak untuk menghindari gangguan, karena aroma zat aktifnya ngga disukai oleh nyamuk.

2. Lavender

Siapa yang ngga kenal dengan tanaman herbal berwana ungu ini. Yap, selain bermanfaat sebagai aroma terapi yang bisa membuat tubuh kamu rileks, tanaman ini juga bisa menghindari kamu dari gigitan nyamuk, loh! Kandungan zat aktif linalool yang terkadung pada tanaman ini, dapat digunakan untuk mengontrol gangguan nyamuk yang berada di luar maupun di dalam ruangan. Selain digunakan sebagai pengusir nyamuk, tanaman ini juga cantik loh digunakan sebagai pajangan pada rumah kamu.

3. Kecombrang

Biasanya kamu menggunakan bahan ini sebagai bumbu masakan, seperti sambal matah khas daerah Bali. Tapi ternyata, tanaman ini juga bisa mengusir nyamuk dari sekitar kamu, loh! Seperti yang dilansir oleh Mosquito Control, tanaman ini lebih efektif untuk mengusir nyamuk, dibandingkan dengan bahan kimia yang digunakan sebagai bahan tambahan produk penguri nyamuk. Menurut penelitian yang dilakukan di Thailand, zat aktif yang terkandung pada tanaman ini, yaitu vetiverol  dan isolongifolene mampu menghambat nyamuk yang ingin mengganggu kamu.

4. Geranium (Pelargonium citrosum ‘Van Leenii’)

Pasti kamu udah ngga asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Yap, selain lavender, tanaman ini banyak digunakan sebagai bahan tambahan pada lotion anti nyamuk. Tanaman ini dikenal dengan nama Citrosa atau Citronella Geranium. Zat aktif  yang terdapat pada tanaman ini adalah citronelal yang aromanya bisa menghalangi nyamuk untuk mendekati target makanannya. Selain bisa dimanfaatkan dalam bentuk minyak, tanaman ini juga bisa mempercantik halaman rumah kamu, loh!

Nah, itulah beberapa tanaman yang bisa kamu manfaatkan sebagai bahan alami untuk mengusir nyamuk. Selain bermanfaat sebagai pengusir nyamuk, tanaman ini juga bisa mempercantik halaman dan rumah kamu, loh Teman Sehat! So, yuk mulai jaga lingkungan sekitar kamu akan terhindar dari penyakit malaria, karena kalau bukan kita siapa lagi? Jangan luoa bagikan artikel ini ke orang terdekat kamu dan berikan komentar di bawah ini, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *