Yuk, Bahas Mitos dan Fakta MSG dengan Ajinomoto!

Halo, Teman Sehat! linisehat bekerja sama dengan Universitas Airlangga, mengadakan kegiatan Seminar dan Demo Masak bersama Ajinomoto. Seminar ini mengundang Dr Annis Catur Adi, Ir, MSi selaku Ketua DPD PERGIZI PANGAN Jatim dan Ibu Dra Retno Chatulistiani P., Apt, selaku Kepala BPOM Surabaya. Apa aja ya, yang dibahas selama seminar ini? Let’s Check it out!

Bahan tambahan pangan yang aman

Masih terbatasnya pengetahuan keamanan pangan pada masyarakat, menyebabkan beberapa kesalahan dalam penggunaan bahan tambahan pangan (BTP). Misalnya, penggunaan BTP berbahaya dalam makanan, seperti pewarna tekstil, yang penggunaannya bukan untuk makanan.

Sedangkan, BTP yang ngga berbahaya, sudah dijamin keamanannya, tapi masih dianggap berbahaya, seperti MSG (Monosodium Glutamat). Menurut Bu Retno, masih banyaknya berita hoax terkait MSG, membuat berita ini mudah menyebar dikalangan masyarakat. Nah, sebagai masyarakat yang cerdas, kamu perlu mengecek kebenaran beritanya, sebelum menyebarkannya.

MSG, baik ngga sih?

Dalam penjelasannya, Bapak Annis menjelaskan, bahwa awal MSG dianggap memberikan dampak yang ngga baik pada tubuh, saat ditemukan penelitian MSG menyebabkan CRS (Chinese Restaurant Syndrome). CRS menyebabkan penderitanya mual dan pusing karena mengonsumsi makanan dengan MSG. Tapi kemudian hal ini dibantah dengan penelitian selanjutnya, yang menyatakan hal yang sebaliknya.

Padahal kamu tau ngga? Kalau dikaji lebih dalam, MSG merupakan BTP yang tersusun dari sodium/natrium (Na) dan glutamat yang merupakan bagian dari protein (asam amino non esensial). Selain itu, JECFA (Joint Expert Comitte on Food Addictive) juga mengatakan, bahwa ngga ada batasan jumlah dalam mengonsumsinya di makanan.

MSG bekerja dengan cara memperkuat rasa alami dari berbagai makanan, sehingga akan menghasilkan rasa umami atau lezat pada makanan (selain rasa asin, manis, pahit dan asam). Adanya penambahan dalam jumlah sedikit dengan menghasilkan rasa lezat, bisa mengurangi konsumsi garam pada masakan yang berlebihan.

Jajanan sehat, enak dan aman

Selanjutnya dilakukan kegiatan demo masak bersama Chef Yunita Princess, Chef ahli dari Dapur Umami Ajinomoto. Ada dua menu yang disajikan oleh Chef, yaitu Pastel Krispy dan Kroket Kacang Merah.

Dalam demo masaknya, selain mengajak peserta memasak bersama, Chef juga berpesan, bahwa selain kualitas bahan pangan yang baik, penggunaan BTP yang aman, akan menghasilkan makanan yang enak dan sehat. Ngga lupa dalam proses memasaknya, Chef menambahkan Masako, Saori Saos Tiram dan Sajiu tepung bumbu agar rasa masakannya semakin Umami.

Nah, Teman Sehat masih percaya ngga sama hoax tentang MSG? Berdasarkan fakta ilmiah yang telah dipaparkan, MSG aman buat dikonsumsi. Kamu boleh memilih tetap mengonsumsinya atau ngga. Tapi perlu diingat ya, jangan mengonsumsi suatu hal berlebihan karena ngga baik buat tubuh kamu!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *