Posyandu, 5 Momen Berikut Ngga Akan Pernah Terlupakan!

Halo Teman Sehat! Apakah usia balita mu pernah diisi dengan memori-memori seru ke posyandu? Posyandu merupakan salah satu bentuk pelayanan kesehatan yang disediakan pemerintah untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar. Nah, setiap tanggal 29 April diperingati sebagai Hari Posyandu Nasional loh!

Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat agar bisa memberikan pelayanan kesehatan dasar serta mendukung program perbaikan gizi masyarakat.

Nah, ada banyak momen menarik dan hal-hal seru yang bakal mengingatkan kamu dengan posyandu. Apa aja?

  1. Buku legendaris “KMS”

Buku dengan sampul pink yang didalamnya berisi grafik pertumbuhan dan perkembangan adalah hal wajib yang harus dibawa saat berkunjung ke posyandu. Buku ini digunakan untuk mencatat berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan posyandu si kecil, seperti riwayat dan jadwal imunisasi, pemantauan berat dan tinggi badan, serta riwayat kesehatan lainnya.

  1. Ke posyandu untuk di suntik

Pada dasarnya posyandu mempunyai lima kegiatan utama yaitu kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana, imunisasi, gizi, serta pencegahan dan penanggulangan diare. Imunisasi adalah salah satu kegiatan yang paling ditakuti oleh balita sekaligus dicemaskan si ibu karena biasanya si kecil akan ‘rewel’ sehabis disuntik. Tapi, imunisasi adalah langkah pencegahan terbaik untuk melindungi si kecil dari berbagai macam penyakit.

  1. Timbangan legendaris “Dacin”

Timbangan yang digantungkan dengan seutas tali di tengah-tengah pintu, diberi kain, serta dioperasikan secara manual adalah hal legendaris yang menjadi icon posyandu. Sayangnya, benda yang satu ini seolah menjadi hal yang menakutkan bagi si kecil, ngga sedikit yang menolak dan menangis untuk ditimbang.

  1. Bubur kacang ijo

Pemberian makanan tambahan menjadi salah satu hal wajib dalam kegiatan posyandu. Bubur kacang ijo paling sering diberikan sehingga pasti banyak yang bilang “kalau ke posyandu pasti bakalan dapat bubur kacang ijo”. Bubur kacang ijo merupakan snacks pada gizi yang diharapkan bisa menunjang status gizi balita yang berkunjung ke posyandu.

  1. Kapsul merah dan biru

Pada bulan Februari dan Agustus posyandu lebih ramai dari biasanya, ngga cuma diisi oleh balita tapi juga orang dewasa. Bulan ini dikenal dengan bulan suplementasi vitamin A. kapsul berwarna biru (kandungan 100.000 IU vitamin A) diberikan kepada bayi 6-11 bulan dan kapsul berwarna merah (kandungan 200.000 IU vitamin A) diberikan pada anak 12-59 bulan serta ibu dalam masa nifas. Apakah kamu suka lari-larian saat akan ditetesi kapsul vitamin A?

Dari momen-momen di atas kita jadi tahu betapa pentingnya peran posyandu dalam menunjang kesehatan ibu dan anak. Posyandu juga menjadi wadah kontribusi langsung bagi masyarakat dalam pembangunan kesehatan di Indonesia. Nah, kalau kamu apa aja momen-momen yang ngga bisa dilupakan dari posyandu?

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *