4 Tanda dan Gejala Autoimun yang perlu Kamu Tahu!

Teman Sehat, hingga saat ini penyebab Autoimun memang belum diketahui secara pasti, karena banyak faktor yang bisa memicu timbulnya penyakit ini. Walaupun penyebabnya masih belum pasti, tapi kamu perlu tahu tanda dan gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini. Hal ini dilakukan, agar penanganan terhadap penderita bisa dilakukan dengan cepat. Yuk, simak tanda dan gejalanya di sini!

Inilah tanda dan gejalanya

1. Adanya perubahan pada kulit

Salah satu indikator utama terjadinya peradangan di dalam tubuh, yaitu adanya perubahan pada kulit kamu. Biasanya perubahan ini berupa timbulnya ruam, bercak, kemerahan pada kulit, dan gatal. Jika kamu menemui tanda dan gejala ini, tetapi sebelumnya tidak pernah mengalami dan ternyata lingkungan keluarga kamu punya riwayat penyakit Autoimun, maka sebaiknya segeralah temui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Hal ini dikarenakan, salah satu tanda penyakit Lupus yaitu adanya perubahan pada kulit penderitanya.

2. Kelelahan

Jika kamu merasa kelelahan yang berlebihan atau ngga seperti biasanya, waspadailah hal ini. Mengapa? Karena bisa jadi kelelahan yang berlebihan adalah suatu tanda gejala Autoimun yang berhubungan dengan penyakit Anemia kronis. Anemia jenis ini akan menyebabkan peradangan pada tubuh dan akan memicu penyakit ini, sehingga harus ditangani serius oleh tenaga kesehatan.

3. Terasa pegal pada otot

Otot terasa pegal setelah melakukan kerja berat adalah hal yang biasa. Jika kamu adalah atlet atau terbiasa melakukan olahraga berat seperti gym, merasakan pegal pada otot adalah hal biasa. Tetapi, jika kamu ngga biasa melakukan beberapa kegiatan tersebut, maka perlu diwaspadai. Hal ini dikarenakan beberapa penyakit Autoimun, seperti Radang Sendi, Hashimoto tyroid bahkan Lupus, memiliki gejala yang sama, yaitu nyeri pada sendi maupun otot. Sehingga, kamu perlu mewaspadainya.

4. Perasaan sakit pada umumnya

Jika kamu merasa akan sakit, maka ada beberapa gejala yang akan terasa, seperti demam ringan, pusing, hingga berkurangnya konsentrasi. Hal ini juga terjadi pada gejala Autoimun. Tetapi jangan jadikan ini kekhawatiran yang berlebihan. Karena gejala ini ngga sepenuhnya mengindikasikan kamu terkena penyakit ini. Jika ingin mengetahui lebih lanjut, kamu bisa mendatangi tenaga kesehatan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Nah, Teman Sehat inilah beberapa tanda dan gejala Autoimun yang perlu kalian tahu. Oh iya, Jika kamu mendapati tanda dan gejala ini, jangan langsung berkesimpulan kalua kamu mengidap penyakit ini, ya! Hal ini dikarenakan, untuk mendapatkan kesimpulan menderita penyakit ini, harus mengalami serangkaian pemeriksaan, salah satunya pemeriksaan darah.

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *