Benarkah Nata de Coco mengandung Plastik?

Teman Sehat, pernahkah kamu mendengar atau membaca berita tentang nata de coco yang mengandung plastik? Yap, sempat viral sebuah video yang menjelaskan bahwa tampilan nata de coco yang berwarna keruh dan mengkilap, mengindikasikan bahwa produk tersebut mengandung plastik. Apakah benar? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Sejarahnya,

Teman Sehat, ternyata nata de coco merupakan salah satu makanan yang berasal dari negara Filipina, loh! Kata nata berasal dari Bahasa Latin yang berarti mengapung dan jika diartikan dalam Bahasa spanyol berarti krim. Bisa diartikan, kalau nata de coco adalah krim dari air kelapa.

Awalnya, produk ini berasal dari sari buah nanas. Ketidaksengakaan penjual sari buah nanas mendiamkan sari buah ini ternyata menghasilkan gumpalan putih mengapung yang rasanya disukai. Sejak saat itulah nata mulai diproduksi. Kemudian pada tahun 1949, seorang peneliti dari National Cococnut Corporation di Afrika mempublikasikan artikel bahwa air kelapa bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan nata.

Dari manakah asal gumpalan putih pada nata?

Yap, produk ini memang terkenal dengan warnanya yang bervariasi, mulai dari putih, kekuningan, hingga agak kemerah mudaan. Tetapi, umumnya nata berwarna putih keruh hingga transparan. Warna ini dihasilkan dari bakteri baik yang membuat benang-benang serat dari hasil metabolismenya.

Sumber: agrowastevietnam.com

Bakteri baik yang digunakan adalah Acetobacter xylinum. hasil dari metabolisme bakteri ini berupa benang-benang serat yang akan membentuk nata. Tebalnya benang-benang nata yang dihasilkan, tergantung dari kondisi larutan bahan utama yang kondisinya terjaga dengan baik.

Mengapa nata de coco tampak kenyal, berwarna keruh dan mengkilap?

Oh iya, kenyalnya nata saat dipegang, dikarenakan benang-benang serat yang terbentuk mengikat air di dalamnya, sehingga teksturnya menjadi kenyal seperti agar-agar. Jika air dikeluarkan, maka tekstur nata akan lebih liat dari sebelumnya, sehingga teksturnya mirip seperti plastik. Mengkilapnya nata, juga dipengaruhi oleh cahaya yang bisa menembus lapisan serat nata.

Nah, itulah penyebabnya nata de coco berwana keruh dan mengkilap. Sekarang, kamu ngga perlu khawatir saat mengonsumsinya, karena produk ini dibuat dengan bahan alami dan teknologi fermentasi yang sudah jelas caranya. Produk ini juga baik loh, untuk kesehatan kamu karena kaya akan serat pangan yang baik untuk sistim pencernaan. Yuk, cek dulu informasinya sebelum menyebarkannya ke orang-orang di sekitar mu!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *