5 Kebiasaan Makan Buruk Yang Harus Dihindari Di Bulan Ramadan

Halo Teman Sehat! Beberapa di antara kamu mungkin udah membaca artikel tentang manfaat puasa bagi kesehatan. Ternyata banyak banget ya yang bisa kita dapat dari berpuasa, mulai dari membantu menurunkan berat badan, detoksifikasi, sampai mengurangi resiko penyakit tidak menular. Tapi, semua manfaat kesehatan itu ngga akan bisa diraih kalau dibarengi dengan kebiasaan makan yang buruk selama bulan puasa.

Apa aja sih kebiasan buruk yang bisa mengurangi manfaat puasa kamu? Yuk, simak!

1. Melewatkan sahur

 

Sahur itu penting banget yaTeman Sehat. Sebisa mungkin kamu jangan sampai melewatkan sahur saat hendak berpuasa. Makan makanan dengan kombinasi yang baik akan memberikan tenaga dan nutrisi untuk digunakan sampai setengah hari. Selain itu, dengan makan sahur juga bisa membantu menjaga kamu dari dehidrasi, bau mulut dan gangguan pencernaan. Jangan malas ya kalau dibangunin buat sahur!

2. Berbuka dengan makanan berminyak

Siapa yang suka berbuka puasa dengan goreng-gorengan? Meskipun udah menjadi tradisi, tapi  jangan dibiasakan ya Teman Sehat! Makan makanan berminyak dalam keadaan perut kosong bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Akibatnya, kamu bisa mengalami kram perut atau kembung.

3. Banyak makan yang manis-manis

Makanan atau minuman manis akan lebih cepat dicerna dan digunakan sebagai energi, sehingga bisa menyebabkan penurunan kadar gula, akibatnya kamu bisa lebih cepat lapar dan ngidam gula di sekitar sore hari. Alternatifnya, kamu bisa menggunakan pemanis alami seperti madu atau makan buah-buahan sebagai pengganti makanan atau minuman manis.

4. Makan terlalu cepat

Saat buka puasa, Teman Sehat tim mana nih? Tim makan dulu baru salat atau salat dulu baru makan? Makan terlalu cepat saat berbuka puasa biasanya dilakukan oleh tim makan dulu baru salat dikarenakan sambil mengejar waktu maghrib yang pendek. Padahal, otak kamu membutuhkan 15-20 menit sebelum memberi sinyal bahwa kamu sudah kenyang. Kalau kamu makan terlalu cepat, kamu bisa berakhir dengan memakan lebih banyak makanan, karena kamu belum sadar kalau sebenarnya kamu udah kenyang.

5. Banyak minum minuman berkafein

Kebanyakan minum minuman berkafein seperti kopi, teh, atau soft drink bisa membuatmu dehidrasi, akibatnya rasa lapar akan muncul lebih cepat. Kebanyakan kafein bisa menyebabkan gangguan lain loh, seperti pusing, dada berdebar dan perasaan ngga nyaman.

Lalu, makanan yang seperti apa yang sebaiknya dikonsumsi saat berbuka dan sahur?

Kamu harus memperlakukan perutmu dengan hati-hati. Makan dan minumlah secukupnya. Kebanyakan makan bisa memicu berbagai macam gangguan pencernaan seperti kembung, kram perut dan mual. Selain itu, kamu juga harus memastikan cukup minum air putih agar terhindar dari dehidrasi. Tapi ingat, jangan berlebihan! Kebanyakan minum bisa mencairkan asam lambung, sehingga menyebabkan gangguan pencernaan seperti kembung.

Teman Sehat dianjurkan untuk membatasi asupan karbohidrat demi mengontrol kadar gula darah normal dan mencegah kenaikan berat badan. Sebagai gantinya akan lebih baik kalau Teman Sehat menambah asupan protein dan lemak baik, seperti ayam, udang, ikan, kacang-kacangan, dan susu.

Nah, Teman Sehat udah tahu kan do & don’t selama berpuasa? Jika kamu punya tips berpuasa lainnya, boleh banget di share dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *