5 Keseruan yang akan Kamu Temukan di Posyandu

Istilah posyandu, biasanya identik dengan anak-anak. Pernyataan ini ngga selalu benar, Teman Sehat. Posyandu merupakan singkatan dari Pos Pelayanan Terpadu yang dibentuk sebagai upaya perbaikan kesehatan dan gizi, pendidikan dan perkembangan anak, peningkatan ekonomi keluarga, ketahanan pangan keluarga dan kesejahteraan sosial. Nah, untuk lebih mengenal manfaat posyandu, yuk simak 5 hal yang akan kamu temukan di posyandu. Let’s check it out!

1. Kesehatan ibu dan anak

Kegiatan posyandu dilakukan untuk menunjang kesehatan ibu dan anak. Bagi ibu hamil kegiatannya mencakup penimbangan berat badan dan tinggi badan, pemantauan status gizi, pemberian imunisasi tetanus, pemeriksaan fundus uteri, dan diadakannya kelas ibu hamil.

Sementara untuk ibu nifas dan menyusui, akan diberikan penyuluhan dan konseling terkait dengan permasalahan pada masa nifas dan menyusui, serta pemberian kapsul vitamin A. Nah, kegiatan untuk bayi dan balita di tempat ini yang paling sering diterapkan. Kegiatannya berupa penimbangan berat badan, penilaian status gizi, penyuluhan dan konseling, imunisasi dan pemberian vitamin A, dan deteksi dini tumbuh kembang anak.

2. Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)

Kegiatan posyandu yanng berhubungan dengan PHBS ada bermacam-macam. Salah satunya yang paling menonjol adalah pencegahan dan penanggulangan diare. Posyandu akan memberikan oralit pada penderita diare dan pemberian zink jika diperlukan penanganan lebih lanjut.

Selain itu, kader yang bertugas di tempat ini akan mengingatkan masyarakat untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Contohnya seperti mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, melaksanakan 3M untuk mencegah demam berdarah, menjadikan rumah yang bebas asap rokok, dan menganjurkan masyarakat untuk olahraga minimal 30 menit setiap harinya.

3. Keluarga berencana (KB)

Penyuluhan tentang KB biasanya akan dilakukan oleh bidan atau kader kesehatan di posyandu. Selain itu, juga ada pelayanan berupa pemberian kondom, suntikan KB atau jenis KB lainnya seperti IUD dan implant.

4. Pemberian Imunisasi

Imunisasi bisa dilakukan di tempat ini atau pelayanan kesehatan lainnya, loh! Imunisasi yang diberikan disesuaikan dengan usia anak dan kebutuhan ibu. Bagi anak, imunisasi yang diterima sebaiknya memenuhi imunisasi dasar dan lanjutan agar kekebalan tubuh anak lebih optimal. Imunisasi yang diberikan meliputi imunisasi Hepatitis B, BCG, Polio, DPT, Campak, IPV, TD, dan Tetanus.

5. Pelayanan Gizi

Asupan zat gizi merupakan salah satu hal yang menjadi prioritas bagi ibu dan anak di posyandu. Di posyandu, bayi dan balita akan dilakukan pengukuran status gizi secara rutin. Terdapat 7 meja yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Meja pertama berfungsi sebagai pendaftaran, sedangkan meja ke dua untuk penimbangan.

Selanjutnya meja ke tiga untuk pencatatan hasil penimbangaan pada KMS dan meja ke empat akan dilakukan penyuluhan dari hasil penimbangan. Pada meja ke lima akan dilakukan pelayanan kesehatan, meja ke enam untuk penyuluhan ketahanan pangan yang menyediakan hasil kebun warga setempat, dan pada meja terakhir akan ditampilkan hasil karya daur ulang warga.

Wah, ternyata seru juga ya, mengunjungi posyandu Teman Sehat! Selain itu, banyak juga kegiatannya yang bermanfaat, loh! Mulai sekarang, jangan ragu lagi untuk datang ke posyandu untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera. Jangan lupa share artikel ini ke orang sekitar kamu dan berikan komentar di bawah ini, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *