Yuk, Ketahui Manfaat Minyak Eucalyptus!

Teman Sehat, malaria merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit jenis plasmodium dan terdapat pada nyamuk jenis Anopheles. Penyakit ini bisa terjadi hanya dengan satu gigitan nyamuk. Dalam kasus yang parah dapat menyebabkan kulit kuning, kejang, koma, atau bahkan kematian.

Obat pengusir nyamuk biasanya mengandung bahan aktif yang disebut diethyl-meta-toluamide (DEET). Di satu sisi, zat ini menawarkan perlindungan terhadap nyamuk hingga 12 jam. Tapi di sisi lain, zat ini memiliki risiko yang ngga baik kesehatan, seperti iritasi pada kulit. Nah, salah satu cara untuk mengatasi hal ini, yaitu dengan menggunakan bahan alami dengan fungsi yang sama, memanfaatkan Eucalyptus. Mau tahu caranya? Yuk, simak!

Tahukah kamu apa itu minyak Eucalyptus?

Minyak Eucalyptus merupakan salah satu jenis minyak yang cukup potensial. Minyak ini mempunyai banyak manfaat, salah satunya untuk menghangatkan tubuh. Tapi ternyata, ngga cuma itu aja, loh! Minyak ini juga memiliki berbagai manfaat seperti,  sebagai bahan baku produk farmasi, pengharum, antiseptik, hingga penggunaannya di bidang industri.

Inilah manfaatnya!

Salah satu manfaat dari minyak Eucalyptus yaitu bisa menolak gigitan nyamuk. Ada empat zat kimia yang berperan dalam penolakan gigitan nyamuk, yaitu limonene, sineole, β-Pinene, dan α-Pinene.

 

Keempat zat ini bersifat mudah menguap, sehingga saat minyak dioleskan ke permukaan kulit maka zat ini akan menguap karena panas tubuh yang dihasilkan. Aroma keempat zat ini, akan mengganggu antena nyamuk, saat ingin mendekati ‘mangsanya’. Nah, hal inilah yang menyebabkan nyamuk cenderung menghindar dan menjauhi bagian yang telah diolesi minyak ini.

Yuk, gunakan minyak ini!

Nyamuk mengenali mangsanya melalui bau karbondioksida, asam laktat dan bau lain yang berasal dari kulit yang hangat dan lembab. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan minyak Eucalyptus, untuk menghindari gangguannya. Cukup  dengan mengoleskan minyak ini ke permukaan kulit yang ingin dlindungi dari gigitan nyamuk.

Meskipun aman, kamu tetap harus berhati-hati dalam menggunakannya. Sebab ada kemungkinan alergi yang timbul karena ngga cocok dengan minyak ini. So, sebagai langkah antisipasi, coba oleskan sedikit di permukaan kulit tangan dan diamkan sebentar. Jika tidak terjadi ruam atau iritasi, berarti kamu ngga alergi dengan minyak ini.

Nah, Teman Sehat! Itulah manfaat dari minyak Eucalyptus yang perlu kamu tahu. Yuk, mulai menggunakan bahan alami sebagai pencegah gangguan nyamuk. Saat menggunakan  bahan alam yang ada di sekitar, kamu juga berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan, loh! Jangan lupa share tulisan ini ke orang terdekat kamu dan tulis komentarnya di bawah ini, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *