Apakah benar Perempuan berisiko PCOS?

Teman Sehat, PCOS merupakan kondisi yang berkaitan dengan organ reproduksi, khusunya pada perempuan. Mengapa kondisi ini perlu diketahui? Sebab, banyak perempuan yang ngga menyadarinya, sementara dampak terburuknya adalah kesulitan mendapatkan keturunan bahkan infertilitas. Nah, daripada penasaran, yuk simak penjelasannya di sini!

Apa itu PCOS?

PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome merupakan kondisi yang ditandai dengan naiknya hormon androgen atau hormon laki-laki, jadwal menstruasi yang ngga teratur, serta ukuran sel telur yang kecil. Kenaikan hormon dan ukuran sel telur yang kecil , bisa diketahui secara pasti dengan tindakan medis. Tapi, ternyata jadwal menstruasi yang ngga teratur, bisa menjadi salah satu indikator yang paling mudah diketahui. Seseorang didiagnosis PCOS, jika mengalami   2 dari 3 tanda-tanda di atas.

Bagaimana ciri-cirinya? 

Salah satu tanda cirinya yaitu naiknya hormon androgen. Kadar hormon ini, secara pasti hanya diketahui melalui uji medis, namun ciri-ciri yang disebabkan oleh kenaikan hormon ini, bisa dirasakan secara langsung, loh! Ada 5 Ciri-cirinya yaitu, pertama tumbuhnya rambut tebal di bagian tubuh yang ngga lazim seperti wajah, dada, atau punggung perempuan.

Ke dua, kondisi kebotakan baik pada sebagian rambut atau seluruh rambut kepala. Ke tiga, jerawat yang muncul secara berlebihan dan terus menerus. Ke empat, pigmentasi atau warna kehitaman kulit pada lipatan-lipatan tubuh seperti leher dan ketiak. Kelima, tumbuhnya daging berukuran kecil di permukaan tubuh yang bentuknya menyerupai kutil.

Nah, kamu perlu tahu, hormon ini secara normal juga terdapat pada tubuh perempuan, tapi dengan jumlah yang lebih sedikit daripada laki-laki. Tetapi, pada penderita PCOS, kadar hormonnya lebih tinggi dibandingkan perempuan normal. Perlu kamu perhatikan, bahwa ngga semua ciri-ciri ini terjadi pada penderita PCOS, ya!

Apa saja penyebabnya? 

Sebenarnya penyebab PCOS belum diketahui secara pasti, tapi beberapa diantaranya disebabkan oleh faktor keturunan dan lingkungan. Biasanya, penderitnya memiliki keluarga dengan riwayat diabetes tipe 2. Hubungannya adalah diabetes tipe 2 disebabkan karena hormon insulin yang ngga normal sehingga mengakibatkan naiknya hormon androgen yang menyebabkan kondisi ini. Lingkungan berupa gaya hidup yang ngga sehat juga bisa menyebabkan seseorang menderita penyakit ini.

Bagaimana cara penanggulangan PCOS?

Secara garis besar, terdapat dua cara penanggulangannya, yaitu melalui pengobatan medis dan memperbaiki gaya hidup. Nah, pengobatan medis merupakan cara yang bisa kamu konsultasikan dengan dokter ahli, sedangkan perbaikan gaya hidup bisa dimulai dari diri sendiri.

Penderita penyakit ini disarankan untuk melakukan diet rendah kalori karena kebanyakan penderitanya mengalami obesitas, meskipun ada juga penderitanya yang kurus dan normal. Olahraga rutin sebanyak 30 menit setiap hari juga perlu dilakukan untuk memperbaiki gaya hidup. Akan tetapi perlu diingat, penanggulangan terbaik harus tetap dalam pengawasan dokter ahli, ya.

Nah, itu dia fakta-fakta mengenai kondisi PCOS yang jarang diketahui. Hal ini penting untuk diinformasikan karena jumlah perempuan penderita penyakit ini di dunia cukup banyak. Oleh karena itu, sebaiknya tetap biasakan gaya hidup sehat ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *