Perlukah Membawa Bekal saat New Normal?

Teman Sehat, pandemi Covid-19 memang menjadi musibah luar biasa bagi seluruh dunia. Sadarkah kamu, pandemi ini juga menyadarkan manusia untuk lebih menerapkan gaya hidup sehat, termasuk mengatur pola makan. Memasuki fase New Normal, sebagian orang merasa membawa bekal bisa mencegah kemungkinan tersebarnya virus ini. Tapi, perlukah melakukannya? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Perlu, apabila kantin ngga higienis

Meskipun WHO (World Health Organization) menyatakan bahwa belum ada kasus Covid-19 yang ditularkan melalui makanan, tapi kebersihan makanan yang akan kamu konsumsi harus diperhatikan. Makanan yang ngga bersih, menimbulkan risiko penyakit lain, seperti sakit perut dan diare. Penyakit ini, akan berisiko menyebabkan penurunan daya tahan tubuh, sehingga tubuh lebih rentan terkena virus COVID19.

Sesuai dengan arahan protokol Covid-19, pastikan petugas kantin tempat memesan makanan mencuci tangan secara berkala, memeriksa suhu tubuh setidaknya 2 kali sehari, membersihkan area kantin secara teratur menggunakan desinfektan, dan menerapkan aturan kebersihan diri lainnya. Kamu juga perlu menjaga jarak minimal 1 meter dengan pengunjung lain ketika berada di kantin.

Apabila kamu memesan makanan melalui aplikasi online, pastikan tempat makan yang digunakan telah menerapkan protokol Covid-19. Setelah menerima bungkusan makanan dari pengemudi jasa pengantar makanan, segeralah mencuci tangan dengan air dan sabun sebelum mengonsumsinya.

Perlu, apabila zat gizi yang terkandung ngga sesuai

Saat pandemi Covid-19, asupan zat gizi sangat diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi buah dan sayuran segar sangat diperlukan setiap harinya. Setidaknya kamu harus mengonsumsi  sayur 2-3 porsi dan buah 3-4 porsi setiap hari.

Hindari makanan yang mengandung lemak trans atau lemak yang sering ditemukan di makanan cepat saji dan makanan ringan. Nah, jika kamu kesulitan mendapatkan makanan sesuai dengan anjuran gizi yang baik, mungkin sebaiknya membawa bekal adalah salah stau solusi yang bisa dilakukan.

Perlu, apabila kamu sedang berhemat

Ngga heran, pandemi Covid-19 menguras sebagian besar tabungan, karena menurunnya pemasukan atau ngga ada pemasukan sama sekali saat #dirumahaja. Salah satu cara berhemat yaitu memasak dan membawa bekal dari rumah.

Berbelanja bahan makanan dan memasak sendiri, bisa menghemat pengeluaran, loh! Jika dibandingkan dengan membeli makanan siap santap di kantin atau belanja online. Kamu ngga perlu membayar jasa koki atau pengemudi jasa antar makanan, jika membawa bekal dari rumah. Tips berhemat lainnya, bisa kamu kunjungi pada artikel sebelumnya.

Sebenarnya, membawa bekal memberikan banyak keuntungan, seperti mengatur variasi makanan yang kamu inginkan dan kandungan zat gizi yang dibutuhkan. Hanya saja, perlu sedikit pengorbanan ketika menyiapkannya. Jadi, keputusan membawa bekal atau engga, semuanya ada di tangan kamu ya, Teman Sehat. Selamat mencoba!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *