Fakta mengenai Osteoporosis yang perlu Kamu tahu!

Teman Sehat, pernahkah mendengar beberapa pernyataan mengenai osteoporosis? Contohnya, “apakah benar hanya perempuan penderitanya”; “Benarkah penyakit ini terjadi karena faktor usia?”. Nah, beberapa pertanyaan ini, bisa kamu cari jawabannya, di sini. Yuk, simak!

Pengeroposan pada tulang

Osteoporosis merupakan penyakit yang terjadi pada tulang ketika mengalami pengeroposan. Jika dilihat dengan mikroskop, tulang telihat seperti sebuah sarang lebah.

Sumber: https://www.nof.org/patients/what-is-osteoporosis/

Penderita penyakit ini, memiliki ukurang lubang pada tulang lebih besar dibandingkan dengan kondisi normal. Kepadatannya juga berkurang, yang menyebabkan tulang menjadi lebih ringkih dan mudah patah.

Hanya terjadi pada perempuan,

Banyak yang menyatakan, bahwa osteoporosis hanya terjadi pada pada perempuan. Ternyata pernyataanya ngga benar juga, ya. Menurut International Osteoporosis Fondation, 1 diantara 3 perempuan berumur lebih dari 50 tahun sangat rentan terkena osteoporosis.

Meskipun kemungkinannya lebih kecil, 1 diantara 5 orang laki-laki yang berumur di atas 50 tahun juga berisiko terkena osteoporosis. Biasanya pengeroposan tulang, terjadi karena adanya penuruanan hormon akibat bertambanhnya usia.

Joyful adult daughter greeting happy surprised senior mother in garden

Setelah mengalami menopause, produksi hormon estrogen pada perempuan akan mengalami penurunan yang cukup drastis. Sedangkan penurunan hormon testosteron pada laki-laki cenderung lebih lambat seiring dengan bertambahnya usia.

Hal ini juga yang menyebabkan gejala penyakit ini pada perempuan 5 hingga 7 tahun terlihat lebih cepat dibandingkan pada laki-laki. Meskipun perempuan lebih rentan terkena penyakit ini, tingkat kematian akibatnya pada laki-laki jauh lebih tinggi, loh! Persentasenya yaitu sebesar 30%. Jumlah tersebut cukup jauh di atas kasus yang terjadi pada perempuan yang hanya berkisar 17%.

2. Faktor usia

Di dunia, lebih dari 8,9 juta kasus patah tulang disebabkan oleh osteoporosis. Selain usia, ternyata masih banyak faktor-faktor lain yang bisa menjadi penyebab penyakit ini. Adanya faktor genetik maupun kompilasi penyakit lain, seperti rheumatoid arthritis atapun kanker.

Smiling Man and Woman Wearing Jackets

Selain itu, penyakit ini juga berasal dari pola hidup dan pola makan yang kurang sehat. Misalnya merokok, jarang melakukan aktivitas fisik dan mengonsumsi alkohol. Kurangnya konsumsi kalsium, vitamin D dan vitamin K juga menjadi salah satu faktornya, loh!

Oleh karena itu, mulai dari sekarang, perhatikanlah beberapa faktor penyebabnya, agar kamu ngga mudah terserang osteoporosis. Perempuan yang sudah mengalami menopause, juga dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 1.200 mg kalsium dan vitamin D setiap harinya, loh!

Ketika memasuki usia 30 tahun, proses regenerasi tulang menjadi lebih lambat. Sebelum hal terjadi, Teman Sehat bisa mulai menjaga kesehatan tulang dengan rajin berolah raga ringan dan menjaga pola makan yang sehat. Yuk, lakukan mulai sekarang! Jangan lupa bagikan artikel ini ke orang terdekatmu, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *