Ayo Jaga Hati dari 3 Penyakit Ini!

penyakit-hari

Halo Teman Sehat! Kalau ngomongin tentang ‘jaga hati’, pasti kamu udah ngga asing dengan lagu ini:

Jagalah hati, jangan kau kotori.

Jagalah hati, lentera hidup ini…

Nah, kali ini kita akan bahas tentang penyakit-penyakit hati yang harus kita waspadai karena dampaknya serem banget, bisa sampai mematikan!

Yuk, jaga hati dari 3 kelompok besar penyakit yang ada di dunia ini!

penyakit-hati

1. Sirosis

Teman Sehat pernah mendengar sirosis hati? Sirosis hati adalah tahap paling akhir dari suatu penyakit hati. Sirosis dimulai ketika jaringan sehat pada hati digantikan oleh jaringan parut (fibrosis), diikuti dengan penurunan aliran darah dan berkurangnya kemampuan sel-sel hati untuk beregenerasi.

Diperkirakan pada tahun 2010, kematian akibat sirosis hati mencapai angka 1 juta. Di Eropa saja pada tahun 2013 sirosis hati telah menyebabkan 170.000 kematian dan sirosis hati juga menjadi penyebab utama orang-orang melakukan transplantasi hati selama 25 tahun terakhir.

2. Kanker hati

Penyakit hati terbanyak berikutnya adalah jenis penyakit keganasan atau kanker hati. Kanker hati dalam bentuk ‘karsinoma hepatoseluler’ adalah bentuk yang paling sering ditemui pada penderita kanker hati, di mana keganasan dimulai dari tipe sel utama hati atau hepatosit.

Kanker hati menjadi penyebab utama kedua kematian karena kanker, setelah kanker paru. Karsinoma hepatoseluler sangat berhubungan dengan sirosis hati dan perlemakan hati.

3. Hepatitis

Penyakit hati terakhir adalah hepatitis. Hepatitis adalah peradangan pada hati yang dapat disebabkan oleh infeksi (virus, bakteri, jamur, dan parasit) maupun non infeksi (alkohol, obat, kelainan autoimun, dan gangguan metabolisme). Kejadian hepatitis hingga saat ini masih menjadi sebuah fenomena gunung es loh Teman Sehat, karena jumlah penderita yang tercatat jauh lebih sedikit dari jumlah penderita sesungguhnya. Selain itu, proses penularan hepatitis terus berjalan walaupun penderita sebelumnya belum merasakan tanda dan gejala hepatitis.

Nah, itu dia penyakit-penyakit hati yang paling banyak menyebabkan kematian di dunia. Penyakit lain seperti perlemakan hati, penyakit pada empedu, hingga gangguan empedu juga menjadi ancaman bagi organ terbesar manusia ini.

Pencegahan utama yang bisa kamu lakukan adalah menjaga kebersihan diri, lingkungan, dan makanan. Pastikan kamu menerapkan pedoman gizi seimbang dan mengurangi asupan lemak. Selain itu, hindari minuman beralkohol serta obat-obatan yang tidak diperlukan.

Bagaimana pendapatmu? (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *