Bukan Cuma Gula, Ini Dia 5 Pemanis Alami yang Bisa Maniskan Harimu

gula

Halo Teman Sehat!

Pasti banyak di antara Teman Sehat yang gemar memakan makanan manis! Ya, kaan? Teman Sehat juga pasti tau dong kalau kebanyakan makanan manis mengandung gula? Tapi tahu ngga sih? Terlalu banyak mengonsumsi gula memiliki efek kurang baik untuk kesehatan loh?!

Kalau boleh jujur nih, gula emang punya beberapa efek negatif seperti mengandung kalori yang tinggi, memperberat kerja hati, menyebabkan diabetes, obesitas, hingga penyakit jantung. Terus gimana dong kalau kita ngga pakai gula? Masa makan kue atau minum jus yang ngga ada manis-manisnya sama sekali?

Nah, Teman Sehat jangan khawatir, karena kita punya bocoran tentang bahan pemanis yang dapat menggantikan gula. Tentunya bahan-bahannya jauh lebih sehat dong. Ingin tau? Yuk, simak 5 (lima) pemanis alami terbaik pengganti gula menurut Dr. John Axe:

5 – Sirup Mapel

maple-syrup

Sirup Mapel (maple syrup) merupakan salah satu pengganti gula terbaik karena benar-benar bisa menimbulkan rasa manis yang luar biasa. Biasanya sirup ini digunakan untuk pancake atau wafel. Manfaat yang terkandung dalam sirup mapel juga banyak loh, seperti mengandung antioksidan yang lebih tinggi dari gula yang dapat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang penyebab radang dan penyakit kronis.

4 – Gula Kelapa

gula-merah

Gula Kelapa (coconut sugar) organik adalah gula kelapa yang mentah, tanpa unsur hewani sehingga cocok buat kamu yang vegan, dan tidak melalui modifikasi genetik. Jika Teman Sehat ingin bahan yang takarannya sama dengan gula tapi dengan tingkat kemanisan yang sama, gula kelapa adalah jawabannya. Gula kelapa juga mengandung kalium, elektrolit, dan bahan gizi lainnya lho. Apalagi glycemic index-nya hanya setengah dari gula, sehingga lebih aman untuk cegah diabetes.

3 – Kurma

kurma

Di urutan ketiga ada buah yang sering kita makan pas Ramadhan atau dapet oleh-oleh Haji, yakni kurma. Meskipun kita bisa mengabaikan berbagai macam buah seperti kismis, aprikot, atau buah kering lainnya, kita tidak dapat melupakan kurma karena kandungan serat dan kaliumnya yang tinggi. Apalagi di antara semua pemanis, kurma memiliki kandungan zat gizi paling banyak. Selain itu, kurma juga mengandung antioksidan lho. Apakah Teman Sehat mulai tertarik mengganti gula dengan kurma?

2 – Stevia

stevia

Pemanis alami urutan kedua ini mungkin sedikit kurang familiar di telinga Teman Sehat semua. Stevia merupakan pemanis tanpa kalori yang berasal dari daun tanaman berbunga. Ada banyak macam stevia, seperti stevia daun hijau utuh atau yang telah terekstraksi. Sebuah penelitian uji coba pada tikus telah membuktikan bahwa mengkonsumsi stevia selama 30 hari mampu memperbaiki kadar insulin dan gejala diabetes. Tapi, kalau Teman Sehat ingin memilih stevia olahan pastikan yang tidak melalui proses terlalu panjang ya.

1 – Madu Mentah

pemanis alami

Nah, sampai juga pada peringkat pertama bahan pemanis alami pengganti gula, yakni madu mentah (raw honey)! Mengapa madu mentah? Karena madu jenis ini masih sangat murni dan memiliki banyak zat gizi, mulai dari 22 asam amino, 27 mineral (zat besi, zinc, kalium, kalsium, fosfor, magnesium, dll.), serta 5000 enzim. Wuih, keren bener kan! Meskipun manis, madu murni tidak mengandung gula lho, sehingga tidak menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah.

Nah, itulah tadi 5 bahan pemanis alami pengganti gula. Apakah Teman Sehat tertarik untuk mengganti gula di rumah dengan bahan-bahan di atas? (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *