Benarkah Bersepeda bisa Menjaga Kesehatan Bumi?

Teman Sehat, kamu termasuk seseorang yang suka bersepeda saat bepergian ke suatu tempat, atau cuma mengisi waktu luang sambil berolahraga? Ternyata bersepeda ngga cuma bermanfaat untuk kesehatan loh, tapi juga mengurangi tingkat polusi udara dan menjaga lingkungan. Kok bisa, ya? Yuk, simak fakta menariknya di sini!

Menjaga ‘kesehatan’ bumi

Seperti yang kamu tahu, bahwa usia bumi saat ini sudah semakin menua dan kritis karena masih banyaknya perilaku manusia yang kurang bertanggung jawab dalam menjaganya. Salah satu kondisi bumi yang memprihatinkan yaitu masih tingginya tingkat polusi udara, terutama di kota-kota besar.

Hal ini disebabkan aktivitas pabrik maupun kendaraan yang masih tinggi. Sekarang ini, nampaknya masyarakat juga sudah dimanjakan dengan kemudahan menggunakan kendaraan pribadi, sehingga ngga mengetahui dampak yang ditimbulkan dari penggunaannya.

Polusi di kota besar

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Public Health Agency of Canada, dikatakan bahwa sebanyak 98,5% kecelakaan di jalan raya disebabkan oleh kendaraan dengan bahan bakar gas. Tingkat polusi udara di Ibu Kota negara ini, mendapat peringkat sepuluh besar di seluruh dunia dengan tingkat polusi terbesar pada tahun 2018.

Nah, ini mengindikasikan bahwa perlu adanya tindak lanjut untuk mengurangi tingkat polusi yang ada di kota ini. Hal ini dikarenakan kematian akibat menghirup polusi dari luar ruangan menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia dan merugikan ekonomi global, loh!

Bersepeda adalah salah satu solusi

Salah satu cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi tingkat polusi udara dengan bersepeda, loh! Bersepeda merupakan kegiatan yang mudah dilakukan oleh siapapun. Selain itu, kegiatan ini merupakan salah satu transportasi yang ramah lingkungan. Bersepeda bermanfaat, loh untuk kesehatan seperti:

  1. Memperbaiki postur tubuh
  2. Meningkatkan kekuatan otot dan kelenturan tubuh
  3. Menurunkan tingkat stres
  4. Menurunkan risiko beberapa penyakit seperti jantung, obesitas, osteoporosis, dan tekanan darah tinggi
  5. Meningkatkan energi dalam tubuh

Manfaat lainnya

Bersepeda juga bermanfaat mengurangi efek gas rumah kaca dan perubahan iklim global. Penurunan tingkat polusi udara, kebisingan yang ditimbulkan oleh kendaraan, dan menghemat ruang hijau dari pembangunan, juga loh! Meningkatnya ruang hijau di tengah kota, akan membantu memperbaiki kualitas udara di sekitarnya, loh!

Nah, selain memberikan manfaat bagi kesehatan, ternyata bersepeda bisa membantu dalam menjaga lingkungan dan bumi, loh! Selain melakukan kegiatan ini, kamu juga bisa melakukan aktivitas positif lainnya, seperti menanam pepohonan, mengurangi penggunaan plastik dan ngga membuang sampah sembarangan. Yuk, mulai dari hal kecil dan diri sendiri! Jangan lupa bagikan artikel ini jika bermanfaatm ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *