Hal Seputar Operasi Plastik yang Jarang Orang Ketahui

Halo Teman Sehat! Masih banyak orang awam yang memandang sebelah mata operasi plastik. Ngga sedikit orang yang men-judge orang lain yang menjalani prosedur tersebut karena dianggap ngga mensyukuri apa yang yang diberikan Tuhan. Padahal, operasi plastik ngga hanya untuk keperluan estetika semata loh Teman Sehat!

Ada beberapa hal lain tentang operasi plastik yang baiknya Teman Sehat ketahui. Simak artikel ini sampai habis, ya!

Operasi plastik bukan berarti ‘menempelkan’ plastik ke tubuh kita!

Siapa yang masih berfikir kayak gini? Ngga mungkin ya Teman Sehat kalau bagian-bagian tubuh kita ditempeli plastik. Faktanya, kata ‘plastik’ dalam ‘operasi plastik’ berasal dari bahasa Yunani ‘plastikos’ yang artinya membentuk. Jadi, jangan sampai salah pengertian lagi ya!

Jenis operasi plastik

Prosedur operasi plastik merupakan bagian dari ilmu kedokteran bedah dan secara umum, dibagi menjadi dua jenis berdasarkan tujuan pembedahannya: untuk tujuan rekonstruksi dan untuk tujuan estetik (cosmetic surgery).

Bedah rekonstruksi dilakukan untuk meningkatkan fungsi dan kemampuan tubuh yang mengalami cacat sebagai akibat dari cacat bawaan atau cacat karena kecelakaan, infeksi, tumor dan penyakit. Sedangkan bedah estetik bertujuan untuk  membentuk kembali struktur tubuh dengan harapan bisa meningkatkan penampilan dan kepercayaan diri. Bedah estetik ditujukan untuk pasien-pasien normal dan sehat yang merasa bentuk tubuh yang dimiliki kurang baik atau harmonis.

Alasan seseorang menjalani operasi plastik

Dikutip dari hellosehat, menurut dr. Gwendy Andiko, Sp.BP., terdapat berbagai alasan mengapa seseorang memutuskan untuk menjalankan prosedur bedah plastik, di antaranya :

  • Memperbaiki penampilan dan fungsi bagian tubuh yang cacat. Ngga semua orang mempunyai tubuh yang sempurna. Ada beberapa orang lahir dengan kondisi cacat bawaan tertentu dan ada juga orang yang mengalami kondisi cacat akibat kecelakaan, trauma, atau masalah medis lainnya. Operasi plastik dilakukan dengan harapan bisa mengatasi masalah ini dengan tujuan rekonstruksi.
  • Menunjang karier. Operasi plastik bisa menunjang karier seseorang yang mengharuskan penampilannya menjadi sorotan utama, misalnya seorang selebritis.
  • Mengatasi masalah kesehatan. Operasi plastik bermanfaat bagi mereka yang mengalami masalah kesehatan yang bisa menganggu penampilan. Misalnya, seseorang dengan payudara yang terlalu besar melakukan operasi pengecilan ukuran payudara karena sering mengalami nyeri punggung yang luar biasa.
  • Meningkatkan percaya diri. Bagi beberapa orang, masalah penampilan merupakan hal yang sensitif. Disadari atau ngga, disengaja atau ngga, masih banyak masyarakat kita yang melakukan body shaming, sehingga si korban merasa minder. Pada tingkat terparahnya, body shaming bisa sampai menyebabkan seseorang memutuskan untuk bunuh diri. Sebelum masalah menjadi lebih rumit, beberapa orang pun memutuskan menjalani operasi plastik dengan tujuan untuk memberikan citra diri yang kuat dan positif, sehingga rasa percaya diri bisa tumbuh.

Apa benar operasi plastik bisa bikin kecanduan?

Menurut dr. Gwendy, operasi plastik memang berpotensi menimbulkan kecanduan. Tapi, bukan tindakan bedah plastik lah yang membuat ketagihan, melainkan karena umumnya orang yang berkali-kali melakukan operasi bedah plastik semata-mata ingin menambah harmonisasi di tubuhnya yang udah sedikit berubah akibat operasi plastik.

Gimana Teman Sehat, apakah udah sedikit tercerahkan? Operasi plastik bukanlah suatu hal yang buruk, tapi akan menjadi buruk kalau dilakukan terus-menerus. Seseorang harus tahu apakah benar dirinya membutuhkan operasi plastik atau tidak. Kalau masih ragu, segera berkonsultasilah dengan dokter.

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *