Hijab, Sejarah Baru di Olimpiade Rio 2016

Halo Teman Sehat!

Seorang wanita muslim mengenakan hijab mungkin sudah biasa ya, apalagi di Indonesia. Tapi bagaimana jika seorang atlet mengenakan hijab  di ajang olahraga bergengsi dunia?

Inilah yang terjadi di Olimpiade Rio 2016. Atlet-atlet wanita ini mencuri perhatian dunia dengan hijabnya dan mencatat sejarah baru di kompetisi olahraga internasional. Siapa aja atlet berhijab itu?

Doaa Elghobashy Tambil dengan Hijabnya saat Pertandingan Voli Pantai

hijab

Doaa Elghobashy, atlet voli asal Mesir ini mencatat sejarah di Olimpiade Rio 2016 dengan mengenakan hijab saat bertanding melawan tim asal Jerman. Elghobashy menjadi pemain voli pantai pertama yang berhijab.

Elghobashy dan rekannya, Nada Meawad tampil dengan setelan kaus lengan panjang dan celana panjang. Ia dan rekannya merupakan atlet voli pantai asal Mesir pertama yang lolos di Olimpiade Rio 2016. Pemakaian baju lengan panjang dan celana panjang sendiri pertama kali disetujui pada Olimpiade London 2012.

Elghobashy menyatakan bahwa ia dan timnya telah diberi hak untuk mengenakan hijabnya oleh serikat permainan internasional. Ia pun mengatakan bahwa ia benar-benar bangga dengan jilbabnya.

Foto-foto pertandingan tim asal Mesir dan Jerman ini pun tersebar luas di internet. Banyak netizen menanggapi bahwa pertandingan ini sebagai perwujudan filosofi dari pencampuran olahraga, budaya, dan pendidikan. Beuh, mantap ya!

Ibtihaj Muhammad, Atlet Anggar Berhijab Pertama dari Kontingen Amerika Serikat

Ibtihaj Muhammad merupakan atlet anggar yang mewakili Amerika Serikat di Olimpiade Rio 2016. Ia adalah muslimah asal New Jersey, Amerika Serikat yang menjadi atlet anggar wanita pertama yang mengenakan hijab.

Sebelum bertanding pada Olimpiade Rio 2016, Ibtihaj pernah memenangkan medali emas pada Kejuaraan Anggar Dunia tahun 2014. Ia pun berhasil meraih medali perunggu pada Kejuaraan Anggar Dunia yang diselenggarakan di Athena, Yunani pada awal tahun 2016 ini.

Selain itu, atlet berdarah Afrika ini juga pernah meraih juara pada Kompetisi NCAA All-American sebanyak tiga kali. Berbagai prestasi itulah yang mengantarkan dirinya menjadi salah satu dari kontingan Amerika Serikat di Olimpiade Rio yang berlangsung sejak tanggal 5 sampai 21 Agustus 2016 mendatang.

Nah, itulah atlet-atlet berhijab di Olimpiade Rio 2016. Mereka membuktikan bahwa berhijab bukan halangan untuk berprestasi, termasuk di ajang olahraga bergengsi seperti ini. Salut!

Bagaimana pendapatmu tentang ini, Teman Sehat? Yuk, tuliskan di kolom komentar! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *