Hindari 4 Hal Ini Demi Kulit Cerah nan Sehat

kulit cerah

Halo Teman Sehat! Punya kulit cerah, bersih, dan awet muda pasti jadi harapan setiap orang, termasuk kamu kan?

Tapi kadang keinginan dan gaya hidup, ngga sejalan nih, Teman Sehat. Ingin sih punya kulit cerah nan sehat, tapi kebiasaan seperti mengonsumsi junk food, kurang istirahat, merokok, dan lain-lain kok masih aja dilakukan.

Akhirnya, kulit cerah nan sehat cuma jadi mimpi, yang terjadi malah banyak masalah kulit. Terus, baru deh panik cari solusi buat menangani masalah kulit yang terjadi. Kamu ngga mau gitu kan?

Nah! Teman Sehat, tau ngga sih? Ternyata, kulit kita udah ngasih tanda-tanda awal loh kalau ada masalah. Apa aja sih? Yuk simak!

1. Kulit kering

Kulit kering atau xerosis merupakan keadaan di saat kulit kehilangan kelembabannya. Kulit dikatakan sehat jika lapisan luarnya mengandung setidaknya 10% air. Di saat kulit kering, maka lapisannya akan mengkerut, kusam, dan pecah-pecah. Nah, ini tanda kalau kulitmu butuh dilembabkan. Caranya? Bisa menggunakan air, body lotion, atau vitamin kulit lainnya.

2. Kulit kusam

Kulit kusam pada dasarnya adalah kulit yang telah kehilangan kelembaban dan kecerahannya. Masalah yang satu ini pasti bikin kamu ga PD menghadapi hari-hari deh! Salah satunya penyebabnya adalah penumpukan sel-sel mati. Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, misalnya dengan menjaga kelembaban kulit melalui banyak konsumsi air, pemijatan, serta lulur untuk membuang sel-sel kulit mati. Jangan lupa konsumsi buah dan sayur karena mengandung antioksidan, vitamin C, dan vitamin E yang berperan penting dalam peremajaan kulit, oke? Nah ini ada beberapa cara lagi untuk menghindari kulit kusam, baca disini.

3. Berjerawat

Masalah kulit yang satu ini adalah salah satu yang sangat menyebalkan, iya kan? Selain rasa perih yang ditimbulkannya, jerawat juga meninggalkan noda hitam yang sulit hilang. Jerawat bisa terjadi karena peningkatan hormon saat pubertas, kosmetik, atau sering berhubungan dengan lingkungan berdebu. Makanya, kulit berjerawat butuh treatment seperti konsumsi obat, penggunaan pembersih wajah khusus jerawat, dan konsumsi zat gizi tertentu. Kekurangan vitamin C, vitamin E, zink, selenium, dan karoten juga bisa menyebabkan masalah kulit yang satu ini. Coba juga cara berikut ini untuk membasmi jerawatmu.

4. Kulit berkerut/keriput

Ternyata, masalah keriput pada kulit bukan masalah yang cuma dihadapi oleh orang lanjut usia. Keriput pada kulit merupakan salah satu signal bahwa kulit tidak tercukupi asupan gizinya. Faktor-faktor penyebab keriput lainnya antara lain paparan sinar UV, merokok, dan ekspresi wajah berulang. Kekurangan vitamin C dan vitamin E jadi penyebab munculnya masalah ini karena vitamin C dan E berperan sebagai antioksidan dan pembentukan kolagen yang menentukan kelenturan dan kelembapan kulit.

Nah, itu dia 4 tanda yang diberikan kulit kalau terjadi masalah. Ayo lebih peka sama tubuh kamu, termasuk kulit! Bagaimana pendapatmu? (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *