Hoaks vs Fakta, Tempat Berjemur yang Minim Paparan Radiasi

Teman Sehat, jika pada artikel sebelumnya telah dibahas informasi hoaks dan fakta mengenai sunburnt dan suntan, sekarang mari kita bahas lingkungannya. Mungkin menurut kamu ada beberapa tempat yang ‘aman’ untuk melakukan kegiatan berjemur, agar terhindar dari paparan radiasi sinar UV? Tapi, tahukah kamu, ternyata ngga semudah itu menentukannya. Yuk, simak hoaks vs faktanya di sini!

Benarkah berjemur saat hari berawan, ngga membuat kamu sunburnt?

Tahukah kamu, faktanya lebih dari 80% radiasi sinar UV dari matahari bisa menembus kumpulan awan? Yap, hal ini dikarenakan efek hamburan yang diberikan oleh awan. Paparan sinar matahari yang menembus awan, nilainya akan setara dengan pantulan yang diberikan pada permukaan yang berbeda, sehingga meningkatkan nilai paparan yang diberikan oleh sinar UV.

Kalau begitu, bagaimana ketika berjemur sambil bermain air di pantai atau kolam renang?

Menurut Global Solar UV Index, faktanya air hanya memberikan perlindungan minimal pada paparan radiasi sinar UV. Selain itu, seperti yang dijelaskan sebelumnya, pantulan sinar UV pada media yang berbeda akan meningkatkan nilai paparannya, termasuk air.

Lalu, bagaimana dengan paparannya saat musim dingin? Pasti aman, kan?

Walaupun pada umumnya radiasi sinar UV pada musim ini lebih rendah dari biasanya, tetapi pantulannya pada media lain, seperti salju bisa meningkatkan dua kali paparnnya, loh! Terutama seiring dengan bertambahnya ketinggian suatu tempat atau wilayah.

Hal ini disebabkan semakin tinggi wilayah tersebut, maka lapisan atmosfer yang menyerap paparan radiasi ini semakin tipis, sehingga paparan yang diserap hanya sedikit. Global Solar UV Index menyatakan bahwa setiap 1000 m peningkatan ketinggian, maka paparan radiasi akan meningkat 10-12%.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat melakukan kegiatan berjemur di luar. Ingat ya, lebih baik mencegah daripada mengobati. Jangan lupa batasi paparan sinar matahari dengan maksimal 30 menit dam setelahnya kamu bisa menggunakan sunscreen untuk menghindari paparan radiasi lebih lanjut, Teman Sehat!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *