Hobi Rebahan? Lakukan 5 Gerakan ini agar tetap Bugar!

Bagi kamu yang punya hobi rebahan atau lebih banyak beraktivitas di atas tempat tidur, tentu senang dengan adanya WFH (Work From Home). Tapi, kalian harus ingat bahwa hidup yang lebih aktif bisa meningkatkan kesehatan kamu, loh! Percuma saja jika tetap di rumah, tapi ngga mau banyak beraktivitas. Tubuh akan mudah lelah dan menjadi kaku sehingga semakin malas untuk beraktivitas. Nah, agar ngga mudah lelah, yuk lakukan gerakan ini!

1. Marching hip raises

Kamu bisa melakukannya dengan berbaring di atas tempat tidur atau matras. Caranya dengan menekuk kedua lutut mendekati tubuh, dengan telapak kaki tetap menapak di tempat tidur dan tangan lurus berada di samping tubuh.

Sumber: https://bit.ly/3cVBF8b

Lalu, tekan salah satu tumit sambil mengangkat tubuh hingga pinggang. Tetaplah dengan posisi ini dan mulailah angkat satu kaki ke atas secara bergantian. Lakukan gerakan ini 10 kali dengan 3 set. Gerakan ini bisa membantu kamu membakar lemak di paha, perut, dan bokong, loh!

2. Leg lift

Nah, gerakan ini sangat mudah dilakukan, loh! Kamu bisa melakukannya sambil menonton TV. Pertama, berbaringlah menghadap salah satu sisi (kanan atau kiri). Kemudian, angkat kepala dan sanggahlah dengan tangan.

Sumber: https://www.womanblitz.com

Tangan lainnya bisa kamu letakkan di depan perut maupun memegang pinggang. Setelah itu, angkat kaki mu yang berada di posisi atas, kemudian turunkan. Lakukan gerakan ini selama 30 detik. Selanjutnya, tukar posisi dan lakukan dengan cara yang sama. Gerakan ini mampu membentuk otot perut dan paha luar, loh!

3. Jack split

Tahukah kamu, ternyata gerakan jack split ini ampuh mengencangkan otot perut, dada, dan paha depan, loh! Kamu hanya perlu berbaring, lalu regangkan kedua tangan dan kaki. Setelah itu, angkat kedua tangan dan kaki bersamaan hingga membentuk seperti huruf V. Lakukan gerakan ini 10 kali sebanyak 3 set.

Sumber: https://static.sportzbusiness.com

4. Scissor legs

Gerakan scissor legs merupakan gerakan sederhana dengan cara berbaring dan menaikan kaki ke atas. Patikan kaki lurus ke atas, kemudian pertahankan posisi ini beberapa detik.

Sumber: https://www.happierthanskinny.com

Selanjutnya, turunkan kaki kanan hingga hampir menyentuh tempat tidur, kemudian kembali ke posisi awal, menyerupai tutup buka pada gunting. Setelah itu, ulangi menggunakan kaki kiri. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali dengan 3 set. Gerakan ini mampu mengencangkan otot perut bawah dan juga kaki, loh!

5. Dolphin plank

Gerakan ini cukup sulit, tapi sangat direkomendasikan untuk kamu yang memimpikan hilangnya perut buncit selama WFH. Pertama, posiskan tubuh seperti posisi plank, yaitu dengan menghadapkan tubuh ke lantai dan telapak tangan bertumpu pada tempat tidur.

Sumber: https://bit.ly/30ANduM

Langkah selanjutnya, angkat tubuh dengan kepala sejajar dengan tumit. Kemudian angkat pinggul ke atas selama beberapa detik, lalu kembali ke posisi awal. Ulangi hingga 10 kali. Lakukan gerakan ini sebanyak 3 set, ya!

Nah Teman Sehat, itulah beberapa hal yang perlu kamu lakukan selama #dirumahaja. Ingat ya, jadi kaum rebahan boleh, tapi jangan sampai badan sampai kaku dan saat new normal, fungsi tubuh jadi ngga normal, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *