Set the Nutrition, save the World!

Teman Sehat, kesehatan merupakan aset yang sangat berharga bagi tubuh. Kesehatan juga merupakan salah satu penentu utama untuk generasi di masa depan, loh! Jika membicarakan kesehatan, maka asupan makanan bergizi yang dibutuhkan oleh tubuh, perlu diperhatikan. Kira-kira, bagaimana caranya, ya? Yuk, set the nutrition for save the world!

Why nutrition is important?

Gizi merupakan perisai utama tubuh dalam melawan penyakit. Selain itu, gizi juga merupakan sumber asupan dalam mencegah permasalahan kesehatan di dunia. Menurut studi yang dipublikasikan oleh UNICEF, salah satu penyebab malnutrisi yaitu asupan zat gizi yang ngga tercukupi dari makanan yang dikonsumsi. Kekurangan ini, juga bisa menyebabkan seseorang berisiko mengalami gangguan pertumbuhan, loh!

Banyak kasus yang ditemukan oleh beberapa peneliti di dunia mengenai kekurangan asupan zat gizi, seperti lebih dari 165 juta balita mengalami stunting, 52 juta anak terlalu kurus dan membutuhkan perawatan khusus. Selain itu, kasus overweight pada 43 juta anak juga disebabkan oleh keluarga yang ngga mampu memenuhi asupan zat gizi kesehariannya.

Berdasarkan data dari Food and Agriculture Organization (FAO), sudah lebih dari 820 juta orang di dunia masih mengalami kelaparan, yang bisa berdampak bagi generasi di masa yang akan datang. Semua masalah ini, berkaitan erat dengan gizi, mulai dari pemenuhan asupan gizi seimbang hingga faktor-faktor pendukung lainnya.

Bagaimana pengaruhnya pada masyarakat?

Bagi ibu menyusui, pemberian ASI eksklusif akan memberikan dampak positif bagi masalah ekonomi. Hal ini dikarenakan ASI merupakan salah satu produk dari Ibu tanpa pengeluaran yang tinggi. Si kecil bisa tercukupi asupan gizinya selama beberapa waktu tertentu dengan ASI eksklusif pemberian ibunya.

Tetapi hal ini perlu diimbangi dengan adanya informasi dan edukasi mengenai kesehatan yang menyeluruh, khusunya untuk masyarakat yang belum tersentuh oleh teknologi. Padahal kedua hal ini ngga bisa dipisahkan, karena perkembangan zaman akan membantu dalam penanganan masalah ini. Tapi, hal ini bisa dibantu dengan pemanfaatan hasil panen yang baik, sehingga bisa dimanfaatkan untuk memenuhi asupan gizi dan membantu dalam penurunan angka masalah gizi di dunia.

Bagaimana cara membantu menyelesaikannya?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu dunia dalam memenuhi asupan gizi, yaitu :

  1. Pertanian, sistem pertanian di dunia yang sudah maju, bisa dimanfaatan dalam membangun dan memenuhi kecukupann gizi di dunia. Majunya sistem pertanian, membuat masyarakat mudah mengakses bahan pangan dengan kandungan zat gizi yang tercukupi dan mendukung sektor-sektor pertanian keluarga. Contohnya, perkebunan milik keluarga dan pengembangan holtikulutura mandiri.
  2. Praktik dan perilaku pemberian makan, salah satunya dengan cara meningkatkan konsumsi ASI pada bayi 0-6 bulan, memberi makanan tambahan hingga usia 2 tahun
  3. Fortifikasi makanan, fortifikasi merupakan penambahan atau pengkayaan zat gizi pada makanan dengan harga yang terjangkau. Sehingga bisa di akses oleh banyak orang, terutama masyarakat yang memiliki masalah keuangan.
  4. Suplemen zat gizi mikro, zat gizi mikro, merupakan salah satu zat gizi yang penting, loh! Hal ini dikarenakan manfaat dari zat gizi ini, bisa membantu mengurangi angka kekurangan zat gizi mikro, seperti anemia, stunting dan masalah gizi lainnya.

Nah, Teman Sehat, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan dunia dari risiko masalah kesehatan yang terjadi. Jangan lua bagikan tulisan ini ke orang terdekat kamu, ya! So, don’t forget to set the nutrition and save the world!

Penulis: Salma Rasyidah dan Aulia Alfatihah – ILMAGI

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *