Ikke Nurjanah akan Populerkan Gizi Seimbang

Teman Sehat, Ikke Nurjanah – penyanyi dangdut kondang yang memiliki suara khas, menyatakan ingin mempopulerkan dan membumikan gizi seimbang bagi masyarakat Indonesia.

Keinginan mulia ini diungkap Ikke setelah belajar singkat tentang Gizi Seimbang dan Isi Piringku dengan Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia (PERGIZI PANGAN Indonesia), Prof Dr Hardinsyah MS, di sekretariat PERGIZI PANGAN Indonesia di Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB, Senin tanggal 24 Februari 2020.

Pesan Gizi Seimbang

Ikke meyakini bahwa bila perilaku gizi seimbang diterapkan oleh setiap orang terutama setiap perempuan, setiap ibu dan kepala keluarga di Indonesia, maka keluarga Indonesia akan bebas dari masalah gizi, dan mudah mewujudkan bangsa Indonesia yang sehat dan berprestasi.

Keterangan: Prof Hardinsyah MS, Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia (kiri) dan Ikke Nurjanah (kanan) memegang Cakram Gizi Sayur

Pada kesempatan tersebut Ikke juga semakin memahami perbedaan antara Gizi Seimbang dan Empat Sehat Lima Sempurna, serta isi 10 pesan utama Gizi Seimbang. Ikeu mengungkap rasa syukur dan terima kasih bisa berada dan diskusi dengan pimpinan dan pengurus PERGIZI PANGAN Indonesia. Ini suatu kejadian langka berada diantara para profesor dan doktor yang hebat dibidang gizi dan pangan.

Kerjasama dengan PERGIZI PANGAN

Prof Dr Hardinsyah MS selaku Guru Besar Ilmu Gizi FEMA IPB dan Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia, yang turut ‘membidani’ lahirnya Permenkes Nomor 41/2014 tentang Gizi Seimbang menyambut baik dan sangat mendukung niat luhur penyanyi dangdut kondang ini. Salah satu caranya adalah bekerjasama dengan Ikke Nurjanah dalam memproduksi dan mempopulerkan lagu gizi seimbang versi dangdut, yang berisi pesan-pesan gizi seimbang secara sederhana.

Kemudian akan dilanjutkan dengan mempopulerkan Cakram Gizi Seimbang bagi Keluarga, Demo Masak Lezat Sehat Isi Piringku, Gizi bagi Calon Pengantin dan Bumil, dan serangkaian kegiatan lainnya bersama lembaga atau organisasi terkait baik pemerintah dan non-pemerintah, termasuk media, kader PKK, kader posyandu, para ibu dan kepala keluarga untuk mempromosikan dan membumikan perilaku gizi seimbang bagi semua.

Yuk, atasi masalah gizi bersama!

Sudah banyak bukti dan takterbantahkan bahwa masalah gizi berdampak buruk terhadap masalah gangguan kesehatan, gangguan prestasi dan produktifitas kerja. Hanya bangsa yang bergizi baik dan sehat yang dapat melesat maju dan unggul dalam bersaing.

Keterangan: Cakram Gizi Buah salah satu media Gizi Seimbang yang ditunjukkan oleh Dr Rimbawan – Dosen Gizi IPB dan Pengurus PERGIZI PANGAN (kiri) dan Ikke Nurjanah (kanan)

Target Presiden Jokowi untuk menurunkan masalah stunting sampai 14% lima tahun mendatang secara berkelanjutan sangat ditentukan oleh perilaku anggota keluarga dalam menerapkan gizi seimbang dengan baik. Demikian pula mengatasi anemi atau kurang darah yang kini dialami separoh ibu hamil dan kegemukan yang dialami sepertiga penduduk dewasa Indonesia, takmungkin dilakukan berkelanjutan tanpa perilaku gizi seimbang.

Teman Sehat, penyanyi dangdut kondang Ikke Nurhanah mengajak Anda semua menerapkan Gizi Seimbang dan Isi Piringku. Bersedia kan? Semoga niat dan rencana baik ini mendapat dukungan dari pemerintah, swasta, berbagai komunitas, bunda dan yanda sebagai pengambil keputusan dan teladan dalam keluarga.

(HP/Reporter linisehat.com)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *