Inilah 10 Rahasia Sehat Berusia Seabad

“Apakah kamu akan berumur panjang?”

Ternyata, faktor genetik yang ngga bisa kita ubah, hanya menyumbang 20% buat menjawab pertanyaan itu. Sedangkan 80% lainnya ditentukan oleh faktor gaya hidup dan lingkungan, yang bisa kita atur. Itulah salah satu temuan Studi Kembar di Denmark (Dannish Twin Study).

rahasia sehat

Buettner, penulis buku berjudul “The Blue Zones Solution: Secrets of the World’s Healthiest People”, mengungkap berbagai rahasia komunitas berusia panjang dan sehat di dunia. Umur mereka bisa mencapai seabad, bahkan lebih, sehingga disebut ‘centenarian’.

Ada 5 wilayah di dunia dengan penduduk yang tergolong centenarian, yaitu di  Barbagia, Pegunungan Sardinia (Italia), Ikaria (Yunani), Nicoya (Costa Rica), Loma Linda (California), dan Pulau Okinawa (Jepang).

Kamu penasaran ngga, apa sih rahasia panjang umur mereka? Kok bisa orang hidup sampai seabad?

Ternyata, mereka bukanlah orang yang sering running, basket atau latihan di fitness center.  Bukan juga orang yang menerapakan diet tinggi protein, diet tinggi lemak, atau diet rendah karbo. Check this out, Teman Sehat!

  1. Komponen utama dalam dietnya adalah pangan nabati, terutama kacang, umbi, buah, dan sayur berwarna, termasuk rumput laut. Selain itu, pangan hewani terutama ikan dan susu fermentasi, juga sedikit daging.
  2. Berhenti makan sebelum kenyang. Perut hanya diisi sekitar 80% dengan makanan dan minuman. Porsi makan paling kecil adalah ketika sore hari atau awal malam, setelah itu ngga makan lagi sampai besok pagi.
  3. Minum air bersih dan jernih. Pada komunitas tertentu juga disertai minum teh tanpa gula.
  4. Biasa bangun pagi dan bekerja mulai pagi hari.
  5. Rajin bergerak, biasa berkebun, berjalan atau bersepeda pulang-pergi, terpapar sinar matahari, dan berkeringat.
  6. Bersyukur, membahagiakan diri dan orang lain. Tingkat stres mereka rendah karena rasa syukur dan bahagia yang mereka miliki.
  7. Cinta dan kasih sayang kepada orang tua, istri, dan anak.
  8. Memiliki kepercayaan dan beribadah.
  9. Bermasyarakat, saling perhatian dan tolong menolong.
  10. Kadang mereka minum anggur sekedarnya, sambil bersosialisasi. Nah yang ini tentu ngga cocok buat Teman Sehat yang Muslim.

Bagaimana dengan di Indonesia? Belum ada kajian khusus dan mendalam tentang ini. Tapi, beberapa observasi terhadap centenarian yang pernah ada di Indonesia, termasuk dari keluarga penulis, juga memang punya kemiripan rahasia, yaitu: makanan beragam dan berwarna, doyan ikan, tempe dan sayur, aktif bergerak, bertubuh lansing sehat yang berarti perut hanya diisi 65-80%, plus rajin berpuasa, beribadah, dan berdoa.

anami

Penelitian kami pada orang berpuasa di Bogor menemukan bahwa dengan asupan energi yang lebih rendah 15% dibandingkan sebelum puasa Ramadan bisa menurunkan berat badan dan merasa sehat.

Nah Teman Sehat, itulah rahasia sehat hidup seabad yang bisa kamu jalankan.

Kamu ingin punya umur panjang dan hidup berkualitas kan?

Yuk atur makanan, minuman, aktivitas fisik, waktu istirahat, bekerja, beribadah, berdoa dan bergaul dengan baik sejak sekarang!

Ngga ada kata terlambat. Kalau kamu merasa sulit, konsultasi aja dulu pada ahlinya. Sehat itu ngga selalu mahal, tapi sakit pasti mahal dan menyiksa. (agt&don)

Related Posts

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.