Yakin, Udah Minum Kopi di Waktu yang Tepat? Cek Faktanya di Sini

Halo Teman Sehat! Apakah kamu hobi minum kopi? Kopi adalah salah satu jenis minuman yang sangat popular. Mulai dari warkop dan warung di pinggir jalan sampai di kafe-kafe mahal pun menyediakan minuman ini.

Selain karena aroma dan rasa yang menjadi daya tarik penikmat kopi, manfaat kesehatan dan penambah semangat kerja menjadi alasan lain buat seseorang ngopi. Nah, kapan biasanya kamu ngopi?

Sebagian besar orang menganggap bahwa pagi hari adalah waktu terbaik buat minum kopi. Em, tapi emang iya bener?

Penelitian yang dilakukan oleh Steven Miller, seorang PhD candidate di Uniformed Services University of the Health Science di Bethesda yang dimuat dalam sebuah artikel di Forbes justru mengatakan hal sebaliknya.

Kortisol dan kafein

Kafein yang terkandung dalam kopi bisa mempengaruhi dan dipengaruhi oleh hormon-hormon di dalam tubuh, seperti hormon kortisol. Pada pagi hari, secara alami hormon kortisol berada pada titik yang tinggi dan puncaknya terjadi sekitar pukul 08.00 – 09.00 pagi. Nah, pada waktu inilah kebanyakan orang meminum kopinya.

Minum kopi pada saat tingkat hormon kortisol tinggi di dalam tubuh akan menyebabkan tubuh meningkatkan tingkat toleransi terhadap kafein. Apa artinya? Artinya, buat mendapatkan efek yang sama setelah meminum kopi dibutuhkan kafein yang lebih tinggi lagi, alias meningkatkan jumlah kopi yang diminum.

Dengan bertambahnya kopi yang diminum buat mendapatkan efek yang diharapkan, maka semakin tinggi jumlah kafein yang masuk ke tubuh. Hal ini akan menyebabkan tubuh meningkatkan produksi hormon kortisol. Tingginya hormon kortisol ini akan menyebabkan gangguan pada ritme tubuh yang bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Lalu, kapan waktu terbaik buat minum kopi?

Waktu terbaik buat minum kopi adalah ketika hormon kortisol udah kembali rendah, yaitu sekitar pukul 09.30-11.30. Tapi, hal ini juga bergantung pada kebiasaan bangun pagi setiap orang. Jika seseorang bangun lebih pagi, maka waktu yang tepat buat minum kopi bisa lebih pagi, dan juga sebaliknya.

Hal lain yang harus diperhatikan saat minum kopi adalah kondisi perut. Kalau kamu minum kopi saat kondisi perut kosong, maka bisa menyebabkan masalah lain seperti perut perih karena asam lambung yang meningkat, perasaan gelisah, dehidrasi bahkan sampai bisa menghilangkan nafsu makan.

Nah, apakah kamu udah minum kopi di waktu yang tepat? Share jawabanmu di kolom komentar ya!

Editor Proofreader: Agatha, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *