Inilah Pentingnya Teman Sebaya dalam Menjawab “Idealkah Aku?”

Halo Teman Sehat! Apakah kamu merasa tubuhmu udah ideal?

Nah, penilaian seseorang tentang tubuhnya itu bernama body image alias citra tubuh. Body image adalah perasaan, pengalaman, sikap dan evaluasi yang dimiliki seseorang mengenai tubuhnya sendiri yang meliputi: bentuk tubuh, ukuran tubuh, dan berat badan yang mengarah  kepada  penampilan  fisik  yang bisa bersifat positif atau negatif.

pentingnya teman sebaya

Tubuh yang langsing, kulit yang putih dan halus, serta penampilan yang modern seolah-olah menjadi standar yang harus dipenuhi oleh seseorang. Hal ini membuat banyak orang memiliki citra diri negatif terhadap dirinya sendiri dan berakhir pada ketidakpuasan terhadap bentuk badannya. Kalau dibiarkan terus-menerus, seseorang bisa mengalami rendah diri, bahkan depresi.

Nah Teman Sehat, teman sebaya adalah faktor yang sangat berperan dalam pembentukan gambaran citra tubuh ini. Semakin dewasa usia seseorang, waktu yang dihabiskan bersama dengan teman sebaya akan semakin lama.

Hal-hal yang dibicarakan dalam suatu kelompok pertemanan alias geng, sangat mempengaruhi anggota kelompok. Apabila hal yang dibicarakan mengenai penampilan dan bentuk tubuh, maka akan terdapat standar yang dibuat.

Nah, standar ini akan digunakan oleh kelompok tersebut. Jika anggota kelompok ngga memenuhi standar gambaran citra tubuh yang ideal, biasanya dirinya akan merasa rendah diri dan menyebabkan perubahan perilaku seperti diet yang berlebihan untuk mencapai berat badan ideal kelompoknya.

The-five-steps-to-resisting-peer-pressure-750x325

Dalam suatu kelompok pertemanan, juga bisa terjadi perbandingan antara satu anggota dengan anggota lainnya. Kemudian, akan ada pendapat dan kritik dari teman sebaya mengenai bentuk tubuh seseorang. Jika pendapat tersebut berupa kritik negatif, maka hal ini semakin mendorong terbentuknya citra diri negatif dalam diri seseorang.

Teman Sehat, depresi menjadi salah satu dampak dari citra diri negatif. Sebagai bagian dari kelompok sosial, mari kita membangun pendapat positif terhadap orang-orang di sekitar kita. Caranya, olahraga dan pola makan gizi seimbang serta mendukung teman kita dalam usaha mencapai berat badan ideal. Bisa kan, Teman Sehat? (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *