Inilah 10 Ramuan Alami yang Bantu Cegah Peningkatan Kolesterol!

Halo Teman Sehat!

Kamu pasti tau kan kalau banyak hidangan usai libur lebaran yang banyak mengandung lemak dan kolesterol? Yap, lemak dan kolesterol berlebih di dalam tubuh bisa berbahaya buat kesehatan. Tapi jangan khawatir, ada beberapa ramuan alami yang bisa bantu jaga kadar kolesterol tubuh kamu loh, Teman Sehat! Mau tau apa aja dan gimana cara membuatnya? Yuk, simak!

Kenalan Dulu Yuk sama Kolesterol!

Kolesterol di dalam darah bisa berasal dari dua sumber. Pertama, bersumber dari makanan dan yang kedua, berasal dari sintesis di hati, tepatnya di sel-sel hati yang disebut hepatosit. Bagi individu dewasa, kadar kolesterol darah yang disarankan yakni:

  • kolesterol total di bawah 200 mg/dL,
  • kolesterol LDL di bawah 130 mg/dL,
  • kolesterol HDL di atas 40 mg/dL

Saat kolesterol total meningkat, risiko penyakit arteri koroner juga mulai meningkat Teman Sehat! Saat kadar kolesterol total lebih dari 200 mg/dL, risiko serangan jantung meningkat dengan setiap 50mg/dL peningkatannya. Nah, berbagai kiat seperti penggunaan obat dan makan makanan tertentu bisa membantu menghambat peningkatan kolesterol. Ada juga ramuan alami yang bisa bantu kamu jaga kadar kolesterol kamu loh, Teman Sehat! Mau tau apa saja ramuannya? Check it out!

Inilah 10 Ramuan Alami Antikolesterol

1. Lidah buaya (Aloe vera L.)

Cara meramunya, siapkan 30 gram daging lidah buaya, 1 buah apel yang sudah dikupas dan dibuang bijinya. Blender semua bahan lalu sajikan. Ramuan ini baik diminum 3 x 1 gelas per hari, selama 2-3 minggu Teman Sehat!

2. Pegagan (Centella asiatica Urban)

Ramuan ini bisa dibuat dengan menyiapkan 20 helai daun pegagan segar, kemudian direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih lalu siap disajikan, Teman Sehat! Minumlah sehari 3 x ¾ gelas selama 2-3 minggu!

3. Ngokilo (Strobilanthes crispus Bl.)

Cara membuatnya gampang banget, loh Teman Sehat! Dengan 3 helai daun ngokilo yang dicuci dan dilalap setiap hari selama 1 bulan ini diharapkan bisa bantu cegah kelebihan kolesterol tubuh, Teman Sehat.

4. Teh (Camellia sinensis L, Teha sinensis L)

Ekstrak teh hijau kaya akan katekin yang bisa membantu menurunkan lemak tubuh dan kolesterol LDL. Minumlah teh hijau 2x sehari, masing-masing 1 cangkir selama 2-3 minggu.

5. Temulawak (Curcuma xanthorizza Roxb.)

Ramuan ini bisa dibuat dengan terlebih dulu menyiapkan 1 rimpang temulawak kering, kemudian dicuci, tumuk halus temulawak, lalu seduh dengan air panas. Setelah hangat, saring seduhan temulawak kemudian ramuan bisa langsung diminum. Dalam sehari, minumlah 2×2 gelas selama 2 minggu.

6. Wortel (Daucus carota L)

Olahan wortel bisa dibuat dengan menyiapkan wortel terlebih dahulu. Wortel kemudian diperas sampai mengeluarkan sari. Olahan ini baik diminum 2×2 gelas per hari selama 2 minggu. Kamu juga bisa menambahan madu murni juga loh, Teman Sehat!

7. Kurma (Phoenix dactylifera)

Ternyata, kamu bisa makan kurma matang secara langsung dengan jumlah ganjil misalnya 7 butir kurma setiap hari dan dilakukan selama 7 minggu, loh. Ngga susah ya, Teman Sehat!

8. Bawang putih (Allium sativum L.)

Siapkan bawang putih sebanyak 2 siung, lalu kupas, cuci dan bawang putih bisa langsung dikunyah lalu ditelan sambil diminum dengan air hangat. Lakukan 2-3x sehari! Namun, hati-hati ya bagi Teman Sehat yang punya riwayat gangguan lambung.

9. Mentimun (Cucumis sativus)

Cara membuatnya, siapkan 3 siung bawang putih, 1 mentimun, garam secukupnya, 2 gelas air dan 1 sendok teh cuka sari apel terlebih dahulu. Tumbuk bawang putih dan garam di mangkuk kayu. Campurkan dengan cuka sari apel. Ambil mentimun, cuci lalu potong kecil-kecil. Campurlah ke mangkuk kayu. Tambahkan air, campurlah dengan baik. Kamu boleh juga menghiasnya dengan daun ketumbar atau daun mint.

10. Alpukat (Persea americana)

Kamu bisa mengolahnya dengan menyiapkan 1 buah alpukat matang, lalu ambil daging buahnya dan sebaiknya dimakan rutin setiap hari. Berkonsultasilah ke dokter atau ahli gizi sebelum mencoba ramuan ini, Teman Sehat!

Nah, itulah tadi 10 ramuan yang bisa bantu jaga kadar kolesterol tubuh kamu, Teman Sehat! Gampang sekali kan buat dicoba. Jangan lupa juga buat selalu mengimbanginya dengan makan makanan bergizi seimbang dan olahraga rutin biar tubuhmu makin oke, ya! (dwi&don)

Kontributor: dr. Dito Anurogo (CEO Sahabat literasi indonesia, Initiator dan Founder Srikandi Forum INDONESIA 2017, S-2 IKD Biomedis FK UGM Yogyakarta)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *