Sering Ngantuk Setelah Makan? Hati-Hati Food Coma!

Teman Sehat, pernah ngga sih merasa ngantuk setelah makan? Kayaknya hampir setiap orang pernah mengalaminya. Biasanya, kondisi ini disebut dengan istilah food coma. Kira-kira food coma itu apa ya? Mau tau penyebabnya? Let’s check it out!

Apa sih, food coma?

Food coma atau nama lainnya postprandial somnolence/postprandial sleep merupakan suatu kondisi ketika terjadi rasa kantuk, malas, dan lemas setelah mengonsumsi makanan terlalu banyak. Selain membuat tubuh ngga nyaman, kondisi ini juga bisa menurunkan produktivitas loh! Apalagi kalau terjadi di kantor atau di kampus.

Apa ya, penyebabnya?

Ternyata, ada tiga hal yang menyebabkan food coma loh, Teman Sehat! Yaitu Makanan mengandung triptofan, makan berlebihan dan tinggi kalori, dan adanya perubahan tekanan darah.

  • Makanan mengandung triptofan

Kamu tau ngga, kenapa kalau sebelum minum tidur harus minum susu? Yap, salah satunya karena susu mengandung triptofan. Triptofan, termasuk asam amino yang jika dikonsumsi bersamaan dengan makanan tinggi karbohidrat, bisa meningkatkan kadar serotonin. Nah, peningkatan kadar serotonin inilah, yang bisa menurunkan semangat, lebih rileks, bahkan menimbulkan rasa malas, jika dikonsumsi disaat yang ngga tepat dan berlebihan.

  • Makan berlebihan dan makanan tinggi kalori

Kalau kamu makan berlebihan atau mengonsumsi makanan tinggi kalori, kadar gula darah yang dihasilkan akan lebih banyak, sehingga jumlah insulin yang dibutuhkan  buat menyeimbangkan kadar gula di dalam darah akan lebih banyak. Nah, ternyata peningkatan kadar insulin ini, juga akan meningkatkan kadar triptofan dalam tubuh yang memicu food coma.

  • Terjadi perubahan aliran darah

Adanya perubahan aliran darah yang seharusnya menuju otak, menjadi ke organ pencernaan bisa menyebabkan food coma, loh! Hal ini terjadi, karena fungsi Parasympathetic Nervous System (PNS) yang aktif saat makan. Jika kamu makan terlalu banyak, PNS akan mengarahkan aliran darah lebih banyak ke organ pencernaan, sehingga aliran darah menuju otak berkurang. Nah, inilah yang menyebabkan timbulnya rasa kantuk dan lelah.

Lalu, gimana ya cara menghindarinya?

Nah, ada empat hal yang bisa mencegah kamu dari kondisi ini, yaitu: konsumsi makanan yang cukup sesuai pedoman gizi seimbang (PGS), sempatkan diri untuk sarapan, tidur yang cukup, lakuan aktifitas fisik setelah makan dan tidur yang cukup.

Menerapkan kebiasaan sarapan dan PGS, akan membuat kamu terhindar dari konsumsi makanan berlebih dan tinggi kalori, loh! Hal ini disebabkan, PGS akan mengajak kamu buat mengonsumsi makanan dengan kandungan komposisi zat gizi yang seimbang dan ngga berlebihan. Sedangkan sarapan, akan memberikan energi saat bekerja, sehingga kamu akan tetap fokus dan ngga ngantuk.

Sedikit melakukan aktifitas fisik setelah makan, akan menghindari kamu dari sifat ‘mager’ dan food coma, loh! Karena hal ini bisa meningkatkan sirkulasi darah dan memperlancar metabolisme, sehingga bisa menyegarkan tubuh. Selain itu, istirahat yang cukup, dnegan tidur selama 6-8 jam akan membuat kamu lebih segar saat bekerja.

Nah, sekarang kamu udah tau kan apa itu food coma? Prinsipnya, sesuatu yang berlebihan itu emang ngga baik buat kesehatan, termasuk pola makan dan pola tidur. Yuk, kembali ke PGS untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *