Simak Ragam Jenis Pisang di Indonesia!

Hai Teman Sehat, apa kamu suka makan pisang? Atau justruk penggemar fanatiknya? Jika iya, maka kamu termasuk orang yang beruntung loh! Buah kuning satu ini sering dijumpai di negara tropis seperti Indonesia serta memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Tapi tahukah kamu, ternyata banyak sekali jeni-jenis pisang yang ada di pasaran dengan manfaat yang berbeda-beda pula. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di sini!

Fakta pisang di Indonesia

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki beragam jenis pisang yang tersebar di seruluh wilayahnya. Tercatat sampai saat ini, Indonesia memiliki sekitar 200 jenis pisang loh! Kamu tentu ngga asing dengan buah ini karena kehadirannya hampir selalu ada di setiap acara sebagai pencuci mulut. Namun masing-masing jenis pisang memiliki keunikannya sendiri dan memiliki potensi yang baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa jenis pisang di Indonesia dari mulai yang sering dikonsumsi sampai yang jarang ditemui!

  1. Pisang ambon (Musa paradisiaca)

Jenis pisang pertama yaitu pisang ambon yang mudah ditemui. Pisang ambon memiliki kandungan senyawa yang baik untuk kesehatan seperti saponin, glikosida, tanin, alkaloid, dan flavonoid. Ada juga kandungan mineral, seperti kalium yang baik untuk penderita hipertensi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemberian pisang ambon sebanyak 3 buah per hari selama seminggu bisa membantu menurunkan tekanan darah karena kandungan kaliumnya yang tinggi. Selain itu pisang ambon juga berpotensi sebagai antidiabetes karena kandungan flavonoid dan glikosidanya.

  1. Pisang tongka langit (Musa trogloditarum)

sumber: pertanianku.com

Jenis pisang tongka langit mungkin masing terdengar asing bagi beberapa orang. Pisang jenis ini pertama kali tersebar di kepulauan Maluku. Kandungan yang terdapat dalamnya yaitu senyawa karotenoid dan betakaroten. Keduanya terkandung dalam jumlah cukup banyak. Oleh karena itu, pisang tongka langit bisa digunakan sebagi sumber pangan pro-vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan sebagai antioksidan.

  1. Pisang mas (Musa acuminata colla)

Pisang mas juga merupakan jenis pisang yang familiar didengar dan dikonsumsi. Pisang mas mengandung vitamin C dan asam folat  yang tinggi dan baik untuk kesehatan, salah satunya membantu mengatasi anemia. Mengonsumsi pisang mas sebanyak 3 buah sehari dalam suatu penelitian terbukti bisa membantu meningkatkan kadar hemoglobin ibu hamil saat trimester III.

  1. Pisang raja (Musa sapientum)

Pisang, Buah Buahan, Matang, Segar, Organik
sumber: pixabay.com

Pisang raja merupakan pisang yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia dan mudah dibeli di mana saja. Pisang raja memiliki kalium yang tinggi, namun natriumnya rendah sehingga dapat direkomendasikan untuk penderita hipertensi dan baik untuk memilihara kesehatan jantung. Hasil penelitian menujukkan bahwa subjek pra lansia yang mengonsumsi pisang raja selama 14 hari diketahui mengalami penurunan tekanan darah.

Sebenarnya masih banyak jenis pisang di Indonesia yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan. Namun keempat jenis pisang di atas terbukti sudah banyak diteliti dan bisa menjadi alternatif untuk menjaga kesehatan kamu. Semoga bermanfaat! Jangan lupa bagikan informasi ini ke orang-orang sekitar kamu, ya!

Editor & Proofreader: Mega Kurniawati, SGz

Referensi

Farmaka. http://journal.unpad.ac.id/farmaka/article/view/17605. Diakses 1 Juni 2021

DSspace UNISA Yogyakarta. http://digilib2.unisayogya.ac.id/handle/123456789/431. Diakses 1 Juni 2021

The Southeast Asia Journal of Midwifery. http://www.journal-aipkind.or.id/index.php/seajom/article/view/67. Diakses 1 Juni 2021

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.