Manfaat Lilin Lebah untuk Kesehatan Kulit

Teman Sehat, tahu ngga kalau ternyata lilin lebah (beeswax) memiliki beberapa manfaat bagi tubuh kamu! Tetapi, meskipun zat ini manfaatnya ngga langsung terasa ketika dikonsumsi langsung, ternyata zat ini punya manfaat bagi kesehatan kulit, loh! Jika diaplikasikan dengan cara dioles atau dijadikan losion. Mau tau apa aja khasiatnya? Yuk, simak artikelnya di sini!

Apa itu lilin lebah?

Lilin lebah merupakan zat yang dihasilkan dari kelenjar yang berada pada perut lebah. Zat ini diproduksi oleh lebah muda di dalam tubuhnya. Setelah lebah memprosesnya, kemudian zat ini ditempelkan ke sarang lebah (honeycomb). Zat ini juga membantu penyimpanan madu yang dihasilkan oleh lebah dengan aman, sehingga dapat membantu melindungi sarang dari infeksi dan kontaminan lain yang ngga diinginkan. Keren, ya!

Manfaatnya sebagai obat oles

Dirangkum dari Dr. Axe dan livestrong, lilin lebah memiliki sifat non-alergi yang bisa melindungi kulit dari berbagai alergi di udara. Zat ini juga bisa digunakan sebagai pelembab alami bagi kulit. Dalam beberapa kasus, zat ini bisa diterapkan pada luka bakar ringan atau kerusakan kulit lainnya untuk membantu penyembuhan.

Berikut merupakan beberapa manfaat lain zat ini sebagai obat oles untuk kulit:

1. Mengobati infeksi kulit (dermatitis), peradangan (psoriasis) dan eksim

Campuran madu, lilin lebah, dan minyak zaitun bermanfaat dalam pengobatan dermatitis akibat popok, psoriasis dan eksim.

2. Melembabkan kulit

Umumnya lilin lebah ditemukan dalam produk perawatan kulit dan kosmetik karena bisa membantu melindungi dan memperbaiki kulit yang kasar, kering maupun pecah-pecah. Kamu bisa membuat pelembap alami sendiri di rumah dengan mancampurkan zat ini dengan minyak almond/minyak jojoba, beberapa tetes minyak vitamin E dan lidah buaya.

3. Mengurangi jerawat

Lilin lebah memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang kuat, membuatnya efektif dalam mengurangi jerawat, terutama karena kandungan vitamin A-nya. Zat ini juga bisa melembutkan kulit. Selain itu zat emollient yang terkandung di dalamnya juga bisa membantu menjaga tekstur kulit menjadi halus setelah mengurangi jerawat.

4. Mengurangi strech marks

Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Dermatologi dan Institut Penelitian Biologi Kulit di Yonsei University College of Medicine di Korea, melaporkan bahwa stretch mark merupakan bekas luka pada kulit yang ditandai dengan penipisan epidermis pada kulit, karena adanya penurunan zat kolagen dan zat elastis. Studi ini menunjukkan bahwa kolagen merupakan komponen utama yang sangat penting dalam penyembuhan luka.

 

Karena lilin lebah mengandung vitamin A (yang membantu produksi kolagen), maka lilin lebah bermanfaat untuk mengurangi stretch mark. Kamu bisa mencampurkan lilin lebah, royal jelly, shea atau cocoa butter, minyak biji anggur, dan minyak kelapa, untuk mencegah dan mengobati stretch mark sambil membantu meningkatkan kadar kolagen secara bersamaan.

5. Gatal akibat infeksi jamur

Zat ini memiliki sifat anti-peradangan (inflamasi) yang bisa membantu mengurangi rasa sakit. Biasanya rasa sakit yang terkait dengan gatal akibat infeksi jamur. Secara bersamaan, zat ini akan membantu melembapkan kulit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan campuran lilin lebah, madu dan minyak zaitun ke daerah yang gatal sebanyak tiga kali sehari selama empat minggu bisa membantu meringankan gatal akibat infeksi kulit, loh!

Nah, sekarang kamu jadi tahu kan ada banyak manfaat dari lebah, termasuk lilinya. Yuk, manfaatkan hasil olahannya untuk menjaga kesehatan kulit mu!

 Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *