4 Manfaat Berkemah untuk Si Kecil

Teman Sehat, ngga kerasa ya, bulan ini adalah bulan sat libur panjang tiba. Kamu dan keluarga udah merencanakan liburan ke mana nih? Gunung, pantai atau tempat wisata lainnya?

Nah, kalau kamu memilih liburan ke pegunungan, ngga ada salahnya nih buat mencoba berkemah (camping) bersama teman, keluarga, ataupun si kecil. Berkemah (camping) merupakan suatu kegiatan yang dilakukan di luar ruangan. Tujuannya adalah mencari pengalaman, meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan, belajar bertanggungjawab, dan sarana untuk menyalurkan hobi.

Oh iya, tau ngga sih ternyata berkemah punya banyak manfaat, loh kalau kamu mengajak si kecil untuk mengikuti kegiatan ini. Mau tau apa aja manfaatnya? Yuk simak penjelasannya di sini, check this out!

1. Meningkatkan knowledge management

Knowledge management merupakan perasaan yang dirasakan si kecil saat melihat langsung keadaan alam sekitar, yang bisa menambah wawasan dan pengalamannya. Misalnya, si kecil bisa belajar mengenai bagian-bagian tanaman saat bermain atau belajar mengenai astronomi saat si kecil secara langsung melihat dan memperhatikan bulan dan bintang.

2. Mengasah aktifitas fisik

Berkemah secara ngga langsung menuntut seseorang buat melakukan aktifitas fisik. Begitu pula jika kamu melibatkan si kecil dalam kegiatan ini. Mengasah aktifitas fisik si kecil dengan mengajak memancing selama berkemah atau membuat dan menata api unggun ketika malam hari, juga bisa mengasah fisiknya, loh!

3. Mengajarkan prinsip bertahan hidup

Manfaat lainnya yaitu bisa mengajarkan prinsip bertahan hidup buat si kecil, seperti bekerjasama mendirikan tenda, memasak, dan menikmati makanan seadanya, dan  tidur dengan beralaskan tanah.

4. Meningkatkan kesehatan fisik maupun psikis

Udara yang segar dan terhindar dari polusi, bisa memberikan manfaat yang baik, loh tubuh. Kegiatan umum yang dilakukan saat berkemah yaitu meningkatkan kesehatan fisik bagi si kecil, seperti berjalan dan mendaki bukit.

Kegiatan ini akan membantu memperkuat otot dan memicu perkembangan motorik si kecil. Selain itu, kegiatan berkemah bisa memberikan suana rileks, meningkatkan kesehatan mental, dan meredakan stress.

Nah, itulah empat manfaat yang bisa Teman Sehat dapatkan saat berkemah bersama si kecil. Jadi, kamu sudah merencanakan dan memilih liburan kemanakah akhir tahun nanti? Tetap jaga kesehatan selama liburan, ya Teman Sehat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *