NIACIN, Mengajak Menjaga Kesehatan di era New Normal

Teman Sehat, saat ini new normal sedang berlangsung ketika masyarakat diperbolehkan beraktivitas ke luar rumah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Meskipun sudah diberlakukan, bukan berarti ancaman penularan virus corona sudah selesai. Hampir setiap orang bertanya-tanya, cara apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan di masa ini?

Meningkatkan imunitas tubuh

Menjaga kesehatan tubuh, bisa dilakukan dengan meningkatkan imunitas. Imunitas tubuh bisa ditingkatkan dengan diet gizi seimbang dan mengonsumsi pangan yang mengandung vitamin dan mineral.

Caranya yaitu dengan mengonsumsi bahan pangan yang asupan zat gizi makro dan mikronya seimbang. Kuncinya yaitu mengonsumsi beraneka ragam pangan dan tetap memperhatikan prinsip perilaku hidup bersih dan sehat, aktivitas fisik, dan mempertahankan berat badan ideal.

Peran vitamin dan mineral

Selain mengonsumsi bahan pangan yang lengkap pada zat gizi makro, seperti energi karbohidrat, protein, dan lemak, konsumsi bahan pangan yang mengandung zat gizi mikro juga penting, oh! Zat gizi ini berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh, contohnya seperti vitamin dan mineral.

Beberapa zat gizi mikro yang bermanfaat bagi tubuh seperti :

  • Vitamin C berperan yang berfungsi melawan infeksi virus dengan cara mengoptimalkan fungsi fagosit dari sel makrofag dalam mekanisme sistem imun tubuh.
  • Vitamin A berperan dalam melindungi sel fagosit dari proses oksidatif. Sel fagosit merupakan bagian dari sistem imun yang berfungsi untuk memakan zat asing yang masuk ke dalam tubuh.
  • Peran vitamin D dalam meningkatkan imunitas tubuh yaitu dnegan meningkatkan aktivitas protein katelisidin, yaitu protein antimikroba.
  • Vitamin E bersifat antioksidan yang baik dalam melawan infeksi.
  • Seng (Zn), merupakan mineral yang berperan dalam struktur kompleks enzim, khususnya enzim yang berperan dalam proses penghancuran benda asing.
  • Selenium (Se), memiliki fungsi yang mirip dengan seng, yaitu mampu membentuk kompleks yang berfungsi menghancurkan benda asing seperti virus.
  • Besi (Fe), berperan secara langsung dalam sistem pertahanan tubuh dengan membentuk kompleks katalase dan laktoferin untuk menghancurkan virus dan bakteri.

Kebutuhan zat gizi makro dan zat gizi mikro ngga bisa dipenuhi dengan hanya mengonsumsi satu jenis bahan pangan. Keanekaragaman makanan merupakan prinsip yang harus diikuti dalam prinsip gizi seimbang.

Edukasi diri

Pandemi ini, menimbulkan keresahan dan kecemasan dimana-mana. Situasi seperti ini seringkali dimanfaatkan pihak yang ngga bertanggung jawab untuk menyebarkan berita dan informasi hoaks ke masyarakat. Tentu saja, kamu perlu waspada agar ngga terjebak dalam hal ini. Langkah yang bisa kamu lakukan dengan membaca informasi dari website terpercaya atau mengikuti web seminar dengan menghadirkan pakar-pakar kesehatan, salah satunya NIACIN.

NIACIN (Nutrition Seminar and Charity For Children) bisa menjadi salah satu pilihan untuk menambah wawasan seputar gizi dan kesehatan. NIACIN 2020 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Gizi Masyarakat IPB kali ini mengusung tema “Boost Your Imune System by Improving Diet and Micronutrient Status”. NIACIN menghadirkan pembicara-pembicara yang merupakan ahli di bidang kesehatan dan gizi, diantaranya.

  1. Kirana Pritasari, MQIH (Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat RI)
  2. Rita Ramayulis, Mkes (Ketua Indonesia Sport Nutritionist Association)
  3. Dr. Ir. Hardinsyah, MS (Ketua Federation of Asian Nutrition Societies)
  4. Dr Rimbawan (Dosen Gizi Masyarakat IPB)

NIACIN akan diselenggarakan pada tanggal 25 Juli 2020 secara online. Teman Sehat yang tertarik untuk menjadi peserta NIACIN dapat mengunjungi Instagram @nutritionfairipb untuk informasi lengkapnya.

Nah, Teman Sehat, itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk bersiap-siap menghadapi new normal dengan menjaga kesehatan tubuh. Jangan lupa bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga kamu, ya! Mari konsumsi beraneka ragam makanan bergizi!

Penulis: Panitia NIACIN 2020

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *