Penduduk Indonesia Meningkat, Kelaparan Bertambah, Apakah Benar?

Halo Teman Sehat! Apakah kamu tahu kalau Indonesia dari tahun ke tahun jumlah penduduknya semakin meningkat? Apakah karena penduduk meningkat kelaparan juga bertambah? Kira-kira bagaimana ya, hubungannya? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Indonesia, penduduk terbanyak ke-4 di dunia!

Apakah kamu tahu? Ternyata Indonesia menjadi negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke-4 setelah Cina, India, dan Amerika, loh! Indonesia memiliki jumlah penduduk  267 juta jiwa pada tahun 2019 dan meningkat menjadi 271 juta jiwa pada tahun 2020. Peningkatan ini terjadi, salah satunya disebabkan angka kelahiran per tahunnya yang meningkat.

Tantangan yang akan dialami

Salah satu tantangan dari peningkatan penduduk Indonesia yaitu masalah pangan  yang ditandai adanya kesulitan negara untuk menyediakan pangan bagi masyarakat. Semakin besar jumlah penduduk, maka permintaan akan kebutuhan pangan semakin meningkat.

Kebutuhan yang ngga tercukupi akan mengakibatkan kelaparan pada masyarakat dengan ekonomi keluarga yang rendah. Selain kelaparan yang meningkat, ada dampak yang sangat berbanding terbaik dengan kelaparan yaitu konsumsi makanan yang berlebih dan menjadi masalah bagi negara.

Food waste

Sebesar 1.3 ton milyar makanan di dunia terbuang, sedangkan 795 juta jiwa penduduk di dunia mengalami kelaparan. Status kelaparan di Indonesia dalam kategori serius menurut Global Hunger Index. Fakta yang mencengangkan lagi, ternyata Indonesia menjadi negara kedua dengan food waste terbanyak setelah Arab Saudi. Miris sekali ya Teman Sehat, seharusnya makanan ini bisa saja dikonsumsi oleh masyarakat yang lebih membutuhkan.

Sebagai gambarannya, setiap orang di Indonesia membuang makanan sebesar 300 kg/tahunnya. Angka ini bisa dikonsumsi masyarakat sebanyak 1500 orang dengan asumsi setiap orang mengonsumsi nasi sebesar 200 gram/hari. Ada lagi nih hasil penelitian di Kota Bogor, yang menyatakan bahwa jumlah rata-rata sisa nasi di Rumah Makan Sunda sekitar 2 kg/minggu ketimbang RM padang, Jawa, dan warung tenda.

Yuk, mulai sadari!

Salah satu cara yang bisa kamu terapkan yaitu gerakan Makan Tanpa Sisa. Gerakan ini terdengar sederhana, tapi kalau semua masyarakat dari berbagai kelompok menerapkan hal itu, maka kelaparan bisa saja berkurang secara perlahan.

Menghargai apa yang kamu makan merupakan bentuk dari rasa syukur kepada Sang Pencipta. Sebagaimana mana yang terdapat di poin Pedoman Gizi Seimbang nomor 1 yaitu syukuri dan nikmati aneka ragam makanan. Oleh karena itu, mulai lah dari diri sendiri untuk berusaha mengonsumsi makan secukupnya dan tanpa sisa! Jangan lupa sebarkan pesan ini, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *