5 Buah Langka serta Kandungan Gizinya yang Pasti Belum Kamu Tau

Halo Teman Sehat! Kita dianjurkan untuk mengonsumsi 3-5 porsi buah-buahan per hari untuk memenuhi kebutuhan zat gizi mikro tubuh, yaitu vitamin dan mineral. Bicara soal buah, kebanyakan dari kita hanya mengetahui buah-buahan yang umum dijual di pasar, seperti jeruk, mangga, apel, pisang, dan lain-lain.

Eits, tapi ternyata masih banyak buah-buahan lain yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya. Ada apa aja sih? Adakah manfaatnya buat tubuh?

1. Karamunting

buah langka

Buah langka jenis ini bisanya dapat ditemukan di hutan di antara pohon-pohon besar. Tanaman liar ini yang tergolong famili Myrtaceace (jambu-jambuan) ini punya nama yang beragam di tiap daerah, seperti kalamunting, haramonting, si mani, dan lain sebagainya. Buah yang berbentuk lonjong dan berukuran kecil ini rasanya manis. Warna ungu kehitamannya disebabkan oleh pigmen antosianin yang ternyata punya efek antioksidan, sehingga bisa jadi penangkal radikal bebas.

2. Gandaria

gandaria

Buah ini tumbuh di daerah tropis. Di Indonesia, buah ini banyak terdapat di daerah Sumatera. Dalam 100 gram gandaria terkandung 11.3 gram karbohidrat, 6-9 gram kalsium, 75 mg vitamin C, vitamin A, dan zat gizi lainnya. Buah seukuran bola ping-pong ini punya rasa asam-manis dan sering jadi incaran ibu hamil yang sedang ngidam loh! Ngga cuma itu, gandaria juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti menjaga kesehatan kulit plus menangkal radikal bebas.

3. Rambutan cina

buah-cepakgambuik2

Meskipun namanya rambutan cina, bentuk, rasa, dan warnanya sangat berbeda dengan rambutan yang umumnya kita kenal. Buah ini berasal dari tumbuhan yang merambat di tanah. Pada saat muda, warnanya hijau, namun akan berubah jadi kuning apabila udah matang. Bagian luar buahnya di lindungi oleh kulit yang seperti rambut atau benang-benang. Isi dan rasa buahnya cenderung lebih mirip buah markisa, tapi ukuran rambutan jauh lebih kecil, kurang lebih seukuran kelereng.

4. Rambai

Blog-P1090693 Burmese Grape

Mereka yang terlahir sebagai Generasi Z mungkin hampir ngga kenal dengan buah musiman yang satu ini. Tumbuhan bernama latin Baccaurea motleyana ini tumbuh liar di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia serta berkerabat dekat dengan buah menteng/kepundung. Dalam 100 gram rumbai terdapat 55 gram vitamin C, 0.03 mg vitamin B1, 0.09 mg vitamin B2, kalsium, dan fosfor. Tanaman rumbai hits karenanya kayunya yang sangat kuat dan halus, kulitnya dapat menyembuhkan ruam kulit, serta sebagai rempah-rempah.

5. Buah kecapi

buah-kecapi

Buah yang satu ini udah sangat jarang dijumpai di pasar-pasar. Kecapi diperikaran berasal dari Indocina dan Semenanjung Malaya, yang kemudian dibawa masuk ke Indonesia (Borneo dan Maluku). Buah ini kaya akan karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, dan vitamin C. Selain buahnya, akar, batang, dan daun tanaman ini juga bisa dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-sehari.

Nah, gimana Teman Sehat, pernah coba buah-buahan langka di atas? Kalau kamu tau buah langka lainnya, yuk tuliskan di kolom komentar di bawah ini! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *