Ternyata, 3 Benda ini Bisa Jadi ‘Sahabat’ Wanita Saat Haid!

Halo Teman Sehat! Setiap bulannya, hampir semua wanita usia subur akan kedatangan tamu bulanan atau haid. Nah, saat haid, tentu wanita membutuhkan alat bantu agar tetap beraktivitas dengan nyaman kan? Buat kamu para wanita, mau tau apa aja yang bisa jadi “sahabatmu” saat haid? Yuk, simak!

3 benda yang bisa jadi ‘sahabat’ wanita saat haid!

Benda ini bisa kamu gunakan buat menjaga kebersihan dan kesehatan daerah kewanitaan saat datang bulan:

1. Pembalut (Sanitary Pads)

Ini adalah benda utama yang kalau ngga ada gini, kamu pasti panik saat haid kan, Teman Sehat? Jenis pembalut sendiri bermacam-macam, ada yang tipis, dilengkapi dengan “sayap”, atau yang memiliki panjang tertentu sesuai kebutuhan dan waktu penggunaan.

Saat menggunakan pembalut, sebaiknya lakukan pengecekan sesering mungkin dan ganti pembalut setiap 3 hingga 4 jam sekali buat mengurangi bakteri dan mencegah timbulnya bau yang ngga enak, ya Teman Sehat! Pilih pembalut yang ngga mengandung parfum agar kamu terhindar dari iritasi atau alergi di daerah kewanitaan.

2. Tampon

Kamu tau apa itu tampon, Teman Sehat? Tampon terbuat dari bahan yang mudah menyerap dan berbentuk tube yang berukuran kecil. Manfaat tampon hampir sama dengan pembalut, Teman Sehat! Beberapa tampon ada yang dilengkapi dengan alat bantu (applicator).

Seperti pembalut, tampon juga memiliki ukuran yang berbeda beda, contohnya ukuran “super” atau “ultra” yang cocok dipakai saat volume darah yang keluar lagi deres-deresnya, Teman Sehat!

Sebaiknya, ganti tampon setiap 4 hingga 6 jam sekali agar ngga menimbulkan bau yang ngga enak dan tentunya bisa menghindarkan kamu dari penyakit infeksi, Teman Sehat!

3. Menstrual Cups

Produk ini sepertinya jadi yang paling jarang digunakan. Menstrual Cup ada 2 jenis, Teman Sehat! Yang pertema, produk sekali pakai yang berbahan lembut, fleksibel dan berbentuk seperti diafragma. Jenis lain adalah yang terbuat dari karet atau silikon yang bisa digunakan lagi setelah dibersihkan. Darah yang keluar akan ditampung (ngga diserap) buat selanjutnya dibuang secara berkala.

Produk ini bisa digunakan hingga 12 jam tanpa penggantian, serta ngga mengandung bahan kimia maupun serat berbahaya yang bisa memicu alergi. Tapi, biasanya, pemasangan menstrual cup dirasa agak rumit.

Nah, itulah 3 benda yang bisa jadi “sahabat” wanita saat haid. Apapun itu, pastikan kamu selalu dalam kondisi bersih dan sehat ya, Teman Sehat!

Editor & Proofreader: Kurnia Dwi Juliani, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *