Manfaat Konsumsi Biji Labu untuk Atasi Cacingan

Biji labu biasanya dikonsumsi sebagai camilan yang dimakan seperti kuaci. Biji labu mengandung senyawa antiparasit yang baik untuk penderita cacingan. Lebih jelasnya, yuk simak artikel ini ya, Sahabat Sehat!

Biji labu

Biji labu merupakan bagian dari labu yang termasuk kedalam suku Cucurbitaceae dengan nama ilmiah Cucurbita moschata Duch.ex Poir. Labu dengan banyak jenis salah satunya Cucurbita Pepo L merupakan labu asal Amerika yang dibudidayakan juga di Indonesia dan C. maxima Duch termasuk tumbuh di Tiongkok. Hampir semua bagian dari labu dapat diolah, seperti dagingnya kolak, dikukus maupun dijadikan sayur. Kuncup bunganya dapat dijadikan sayuran. Bijinya dapat dijadikan obat cacingan.

bij labu
Foot: Freepik.com

Kandungan gizi biji labu

Berdasarkan FoodData Central dari U.S Department of Agriculture (USDA), dalam 100 gram biji labu menghasilkan energi 446 kkal, air 4,5 gram; karbohidrat 53,8 gram; protein 18,6 gram; lemak 19,4 gram dan serat 18,4 gram. Juga, mengandung vitamin dan mineral di antaranya kalsium 55 mg, zat besi 3,31 mg, magnesium 262 mg, fosfor 92 mg, potassium 919 mg, sodium 18 mg, seng 10,3 mg, tembaga 0,69 mg, dan mangan 0,496 mg. Bukan hanya itu, di dalmanya juga terkandung vitamin A 62 IU, vitamin B1 0,034 mg; vitamin B2 0,052 mg; vitamin B3 0,286 mg; vitamin B5 0,056 mg; vitamin B6 0.037 mg dan vitamin C 0,3 mg.

Cacingan

Penyakit cacingan atau yang disebut ascariasis yang disebabkan oleh infeksi parasit atau cacing di dalam tubuh. Meskipun bisa dialami oleh siapa saja, kondisi ini lebih sering terjadi pada anak-anak.

atasi cacingan
Foto: Freepk.com

Cacing tambang, cacing kremi dan pita merupakan bebereapa contoh jenis cacing yang menginfeksi. Sering kali penyakit cacingan ini diabaikan, namun dampaknya pada tubuh dapat kekurangan gizi, bahkan tak jarang menyebabkan kematian. Cacingan juga tidak hanya menyerang sistem pencernaan dengan gejala mual, muntah, diare, dan BAB berdarah. Namun, juga dapat menginfeksi organ lain seperti paru-paru dengan gejala bersin-bersin, sesak napas dan batuk berkepanjangan.

Biji labu baik dikonsumsi penderitaan cacingan

Biji labu yang telah dipanggang sebanyak 1 sendok makan ditambahkan dengan santan dan diminum setiap pagi ketika belum makan selama seminggu dapat mengatasi cacingan sebagai detoks alami. Cucurbitacin merupakan senyawa yang terkandung dalam biji labu yang dapat melumpuhkan parasit karena sifatnya yang antiparasit.

Nah, Sahabat Sehat biji labu banyak sekali kandungan gizinya, disamping itu bermanfaat juga untuk penderita cacingan. Jadi, yuk mulai konsumsi biji labu sebagai camilan sehat dan jangan lupa tetap menjaga sanitasi diri maupun lingkungan untuk cegah cacingan.

Referensi

AKG FKM UI. 2022. Biji Labu Bisa Dimakan?. https://akg.fkm.ui.ac.id/biji-labu-bisa-dimakan/. Diakses 23 Agustus 2023.

Dinkes Prov NTB. 2019. Cegah Cacingan Sekarang Juga!!. https://dinkes.ntbprov.go.id/artikel/cegah-cacingan-sekarang-juga/. Diakses 23 Agustus 2023.

Halodoc. 2021. 5 Obat Cacing dari Bahan Alami yang Aman dikonsumsi. https://www.halodoc.com/artikel/5-obat-cacing-dari-bahan-alami-yang-aman-dikonsumsi. Diakses 22 Agustus 2023.

Hargono, D. (1999). Manfaat Biji Labu (Cucurbita sp.) Untuk Kesehatan. https://www.neliti.com/id/publications/157408/manfaat-biji-labu-cucurbita-sp-untuk-kesehatan. Diakses 22 Agustus 2023.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.