Yakin Udah Kenal dengan Jenis Kulit Kamu?

jenis kulit

Halo Teman Sehat!

Kulit yang sehat adalah dambaan setiap orang. Tak dapat dipungkiri, kulit yang cantik dan sehat akan membuat kamu tampil lebih menarik serta menambah kepercayaan diri. Untuk mendapatkan kulit cantik nan sehat itu tentu kita harus rajin merawat kulit kita.

Tapi, masalah yang kadang muncul pada setiap kulit kerap berbeda tergantung jenis kulitnya. Untuk tau bagaimana perawatan kulit yang tepat, langkah pertama adalah kenali terlebih dahulu jenis kulit kita.

So, tunggu apa lagi? Yuk cari tahu jenis kulitmu!

1. Kulit normal

Kulit jenis ini adalah dambaan setiap orang. Kulit normal umumnya kenyal, kencang, bertekstur lembut dengan pori-pori yang kecil. Kulit jenis ini akan terasa lembut saat disentuh. Namun ternyata ciri kulit normal pada usia remaja dan dewasa berbeda lho.

Pada remaja kulit normal ditandai dengan ciri halus, cerah, terdapat sedikit komedo pada hidung maupun dahi, dan memiliki tingkat kelembaban yang sedang. Sedangkan pada orang berusia diatas 35 tahun wajar bila warna kulit memudar, pori lebih terlihat dan terdapat kerutan halus.

2. Kulit berminyak

Kulit jenis ini cukup mudah dikenali karena permukaan kulit yang cenderung mengkilap. Minyak biasanya muncul pada zona T, yaitu dahi, hidung, dan dagu serta pada bagian bawah tulang pipi. Banyaknya kelenjar minyak berfungsi mencegah kulit jenis ini dari kekeringan. Namun, kulit berminyak cenderung lebih mudah menangkap kotoran dan debu sehingga orang dnegan jenis kulit ini cenderung mudah berjerawat.

3. Kulit kering

172587608
172587608

Jenis kulit ini biasanya ditandai dengan kulit yang terasa tipis, pori-pori halus, agak kusam, tidak mengilap, kering, dan bersisik. Seringkali terasa gatal pada bagian pori-pori, lebih kasar, dan agak keriput. Orang dengan jenis kulit ini biasanya mengalami beberapa ketidaknyamanan seperti  kulit kering yang gatal dan menggannggu kualitas tidur. Kulit yang terlampau kering dapat menjadi retak, bahkan mengelupas serta tampak bersisik.

4. Kulit sensitif

Kulit sensitif akan mudah terbakar matahari dan cenderung sensitif dengan produk kosmetik tertentu. Kulit jenis ini rentan berjerawat, tidak berminyak namun terasa kering. Pori-pori kulit yang sangat kecil menyebabkan kulit mudah menegang dan terasa nyeri.  Orang dengan kulit sensitif cenderung memiliki lebih banyak masalah kulit dibandingkan dengan jenis kulit lain seperti alergi, gatal, eksim, jerawat, dan flek hitam. Untuk itu berhati-hatilah dalam pemilihan produk kosmetik yang kamu gunakan.

5. Kulit kombinasi

Kulit jenis ini adalah perpaduan antara kulit berminyak dan kering. Bila kulit kamu berminyak pada zona T dan bagian lainnya seperti pipi, daerah sekitar mata dan leher kering, maka kulit kamu termasuk kulit kombinasi. Ciri lain yaitu, kulit mengilap pada zona T dan kering pada zona U (pipi dan dagu); muculnya komeda pada zona T; pori-pori lebar pada zona T dan normal pada zona U; serta tingkat ketebalan kulit sedang.

Nah, bagaimana Teman Sehat, sudah tahu jenis kulitmu? Kalau sudah, lakukan perawatan sesuai dengan jenis kulitmu ya! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *