Yuk Simak Tips Berikut agar Kesehatan Mental terjaga!

Halo Teman Sehat! Tahukah kamu tanggal 10 Oktober lalu diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental. Nah, ternyata menjaga mental itu sama pentingnya, loh dengan kesehatan fisik. Yuk simak ulasannya lebih lanjut!

Apa itu kesehatan mental?

Kesehatan mental menurut WHO, didefinisikan sebagai keadaan kesejahteraan dimana setiap individu menyadari potensi dirinya, bisa mengatasi tekanan kehidupan yang normal, bisa bekerja secara produktif, dan mampu memberikan kontribusi kepada komunitasnya. Menjaga kesehatan mental perlu dan sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik.

Kenapa menjaga kesehatan mental  itu penting?

Kamu tau ngga? Gangguan mental merupakan faktor risiko terjadinya penyakit lain. Selain itu, gangguan mental merupakan risiko terjadinya cedera yang ngga disengaja maupun disengaja. WHO (2014) mengatakan bahwa gangguan mental bisa meningkatkan risiko penyakit seperti HIV, penyakit kardiovaskular, diabetes, dan sebaliknya.

Faktanya sekitar 20%  anak-anak dan remaja di dunia memiliki gangguan mental. Sedangkan di Indonesia, prevalensi ganggunan mental emosional yang ditunjukkan dengan gejala-gejala depresi dan kecemasan untuk usia 15 tahun ke atas mencapai 6%  menurut RISKESDAS pada tahun 2013.

Tips untuk menjaga kesehatan mental

Lalu, cara apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental. Yuk, simak beberapa tips berikut ini :

  • Luangkan waktu untuk me-time

Luangkan waktu dan sempatkan diri untuk melakukan hobi atau hal yang Teman Sehat sukai. Ngga ada salahnya kalau kamu melakukan beberapa hal untuk “bernafas” dari tekanan ataupun pikiran yang membebani. Liburan sejenak dan bersantai untuk melakukan hal yang disukai atau perawatan tubuh di salon, spa atau self-treatment di rumah bisa dilakukan untuk mengurangi stres.

  • “Puasa” gawai atau gadget

Sebelum tidur, hal apa yang kamu? Apakah kamu sering mengecek smartphone dan ngga terasa waktu berlalu dengan cepat? Lamanya intensitas menggunakan gawai pada kehidupan sehari-hari dapat mempengaruhi kualitas tidur. Padahal kualitas tidur penting untuk menjaga kesehatan mental. Batasi penggunaan gawai dan gunakan dengan bijaksana, ya!

  • Berolahraga

Olahraga ngga cuma berguna buat kesehatan secara fisik tetapi juga secara mental. Berolahraga membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Kamu bisa melakukan olahraga kelompok dengan sahabat dan keluarga, selain itu, variasikan jenis olahraga yang dilakukan agar tak cepat bosan.

  • Kenali diri sendiri

Teman sehat, coba renungkan dan kenali apa saja hal-hal yang mempengaruhi kesehatan mental kamu. Seperti kapan dan apa yang bisa membuat kamu stres? Apakah Teman Sehat merasa kesepian? Apakah beban kerja saat ini terlalu berlebihan? Perubahan-perubahan drastis yang terjadi selama dua minggu terakhir dapat menunjukkan tekanan baik secara emosional ataupun mental.

Setelah menyimak ulasan di atas, mudah kan menjaga kesehatan mental? Mencegah lebih baik daripada mengobati. Lakukan tips-tips sederhana di atas agar kamu bermental sehat dan bahagia! Salam Sehat!

Editor & Proofreader: Asiyah Mutmainnah, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *