Yuk, Lakukan 4 Tips Melindungi Si Kecil selama Pandemi COVID-19!

Teman Sehat, perlu kamu tahu, kalau penyebaran virus ini ngga pandang wilayah, usia, bahkan jenis kelamin, loh! Walaupun virus ini lebih mudah terinfeksi pada seseorang dalam kelompok rentan, seperti lansia, seseorang yang memiliki penyakit tertentu dan si kecil.

Oleh karena itulah, kamu disarankan untuk mengarantina diri di rumah selama 14 hari. Lalu, bagaimana ya, cara melindungi kelompok rentan, khususnya si kecil dari virus ini? Yuk, simak penjelasannya di sini!

1. Tetap menyusui si kecil

Adanya pandemi COVID-19 di Indonesia, ngga perlu membuat kamu yang masih dalam masa menyusui si kecil khawatir. Hal ini dikarenakan ada penelitian terbaru yang dilakukan di Wuhan, China, menyatakan bahwa ngga ditemukannya kontaminasi virus pada sampel ASI ibu yang terdeteksi positif penyakit ini.

Beberapa organisasi yang fokus terhadap kesehatan dan anak-anak, seperti CDC (Center for Disease control and Prevention), WHO (World Health Organization), dan UNICEF (United Nation Children’s Fund) tetap menyarankan untuk menyusui si kecil dengan tenang dan aman. Walau begitu, jika ibu dinyatakan positif, penularan tetap bisa terjadi melalui tetesan cairan dari mulut setelah bersin ataupun batuk.

2. Jagalah asupan zat gizinya

Memiliki sistem pertahanan tubuh yang kuat dan sigap, bisa didapatkan dari asupan makanan yang sehat dan bergizi setiap harinya. Walaupun asupan makanan ngga bisa menangkal infeksi virus sepenuhnya, tapi bisa membentuk sistem kekebalan tubuh si kecil menjadi lebih kuat. Kamu bisa menghidangkan makanan untuk si kecil dengan tetap memperhatikan porsinya sesuai dengan isi piringku, seperti adanya makanan pokok, lauk pauk, sayur dan buah.

3. Ajaklah mencuci tangan

Teman Sehat, sekarang sudah mudah sekali mencari cara cuci tangan sesuai dengan yang dianjurkan oleh WHO melalui edukasi pemerintah, iklan di televisi bahkan selebgram dan youtuber yang berlomba-lomba mengampanyekannya.

Nah, kamu juga bisa mengaplikasikan cara ini kepada si kecil. Ajaklah cuci tangan setiap pulang dari berpergian, sebelum makan, setelah buang air, setelah batuk-bersin, dan sebelum memegang anggota muka. Sambil mencuci tangan selama 20 detik, kamu bisa mengajaknya sambil bernyanyi atau bermain tebak-tebakan.

4. Hindari berpergian, bermainlah di rumah

Bagi si kecil, bermain adalah aktivitas utamanya. Dalam keadaan saat ini, sebagai orang tua, kamu bisa menyiasati permainan yang biasanya dilakukan di luar rumah, dipindah ke dalam rumah atau melakukan aktivitas bersama. Kamu bisa melakukan kegiatan membaca buku bersama, mendongeng, masak bersama, hingga membersihkan area sekitar rumah. Ajaklah si kecil selalu terlibat dalam kegiatan harian di rumah, agar dia ngga mudah bosan.

Teman Sehat, jangan pernah mengganggap enteng penyebaran virus COVID-19, karena tidak ada yang tahu kepada siapa virus ini akan menginfeksi. Jagalah sistem kekebalan tubuhnya dengan menyiapkan makanan yang bergizi dan tetap beraktivitas fisik di rumah. Jangan lupa, jadikan 4 tips tadi cara yang asik, bersama si kecil selama di rumah! #staysafe

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *