5 Tips Berbelanja Bahan Makanan agar Ngga Panik

Di masa sekarang ini, memang lebih baik untuk tetap berada di rumah ya Teman Sehat. Terkecuali jika ada keperluan yang sangat penting seperti belanja persediaan bahan makanan. Tapi, bukan berarti kamu bisa melakukan panic buying bahkan membeli kebutuhan rumah tangga yang ngga diperlukan. Nah, supaya ngga panik, kamu bisa menyimak tips memilih bahan makanan alternatif selama berdiam diri di rumah. Mau tahu apa aja? Yuk, simak!

1. Bahan pokok

Biasanya orang Indonesia, belum merasa makan kalau ngga makan nasi. Jadi, kamu perlu sedia beras untuk kebutuhan sehari-hari. Agar ngga bosan, kamu juga bisa memilih prodak olahan karbohidrat lainnya, seperti pasta, mi, atau kentang. Bahan makanan ini, bisa memenuhi kebutuhan karbohidratmu selama melakukan karantina di rumah.

2. Telur

Telur merupakan bahan makanan yang mudah untuk disajikan. Kandungan zat gizi yang tinggi dan daya simpannya yang cenderung lama, menjadikan telur salah satu bahan pangan yang bisa kamu jadikan stok di rumah. Tapi, kamu juga perlu memperhatikan cara penyimpanan dan pengolahannya. Baiknya telur disimpan pada kondisi dibawah suhu -7oC agar masa simpannya lebih panjang.

3. Ikan kaleng

Selain karbohidrat, asupan zat gizi protein juga perlu dipenuhi ya, Teman Sehat. Asupan zat gizi ini, slaah satunya bisa kamu dapatkan dari ikan. Jika ngga memungkinkan mengdapatkan ikan segar, kamu bisa mengonsumsi ikan kalengan.

Selain kaya akan kandungan gizi, produk ini juga dikenal memiliki daya simpan yang lebih lama. Selain tinggi protein, ikan ini juga mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin B6 yang diperlukan oleh tubuh. Dilansir dari laman resmi WHO, kekurangan vitamin B6 bisa menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh, loh!

5. Sayur dan buah beku

Seperti yang kamu tahu, selain mengandung serat dan vitamin, sayur dan buah juga kaya akan zat antioksidan, loh! Jika kamu kesulitan mendapatkan kedua bahan pangan ini dalam keadaan segar, kamu bisa mendapatkannya dalam bentuk makanan beku atau makanan kaleng.

Seperti contohnya sayuran beku wortel, jagung, buncis, kacang polong, brokoli maupun buah kalengan nanas, leci, salak, dan sebagainya. Jangan khawatir, bahan pangan ini ngga akan kekurangan zat gizi yang dikandungnya, loh! Menurut penelitian yang dilakukan oleh Bouzari, kandungan vitamin pada sayur dan buah yang dibekukan, jumlahnya sebanding dengan sayur dan buah dalam keadaan segar.

Nah, Teman Sehat, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat berbelanja kebutuhan bahan pangan di supermarket selama melakukan karantina di rumah. Beberapa bahan makanan di atas merupakan bahan makanan alternatif yang bisa kamu jadikan stok. So, tetap jaga kesehatan dan kebersihan selama berbelanja maupun di rumah, ya! #staysafe #dirumahaja

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *