Yuk Lebih Mengenal Teh Pu-Erh

Teman Sehat, sore hari gini, enaknya minum yang hangat-hangat, iya kan? Kamu bisa mencoba mengonsumsi teh Pu-Erh. Jenis teh apa ya ini? Mau tau lebih lanjut, so, let’s check it out!

Teh pu-erh

Teh ini, merupakan satu teh yang berasal dari Negara China. Ternyata teh ini sangat populer, loh di Asia Selatan! Teh pu-erh memiliki warna seperti teh hitam dengan rasa yang kuat dan memiliki khasiat bagi tubuh. Bedanya dengan teh hitam, teh ini mengalami dua kali pross fermentasi. Selain itu, ternyata terdapat dua jenis teh pu-erh, yaitu mentah dan matang.

Proses pengolahan

Ada beberapa tahap dalam pembuatan teh pu-erh, seperti pemetikan daun teh segar, pencelupan teh ke dalam wadah yang panas, penggilingan untuk mendapatkan citarasanya, pengeringan dengan sinar matahari.

Selanjutnya teh yang sudah dikeringkan akan disimpan di dalam wadah yang kering, lalu dilakukan proses pengepresan dengan bentuk yang berbeda, dan disimpan dengan rentang waktu yang cukup lama.

Oh iya, teh ini bisa disimpan selama bertahun-tahun, loh! Semakin lama disimpan, maka kualitas dan rasanya akan semakin meningkat. Teh yang disimpan dalam waktu lama, akan memiliki bentuk bulat seperti piring. Hal ini dikarenakan teh dipadatkan dengan ukuran diameter sebesar 15cm.

Manfaat teh pu-erh

Manfaat yang bisa kamu ambil dari teh ini sangat banyak, loh! Menurut penelitian yang dilakukan Pinandojo, teh ini bisa meningkatkan kewaspadaan dan ketelitan untuk laki-laki dewasa dengan rentang umur 18-25 tahun.

Selain itu manfaat lainnya adalah meningkatkan kesehatan mata, meningkatkan mental activity, sebagai penangkal obesitas, membantu detox tubuh, meningkatkan pembentukan tulang, sebagai pencegah terjadinya penyakit diare, meningkatkan pencernaan dan meningkatkan daya ingat kamu.

Nah, itulah beberapa penjelasan teh pu-erh, teh hitam dari cina. Gimana Teman Sehat, bermanfaat kan, teh pu-erh ini? Jangan lupa mencobanya dan share pengalaman kalian di sini, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *