Mitos dan Fakta Air Kelapa bagi Ibu Hamil

Teman Sehat, pernah dengar mitos kalau ibu hamil (bumil) mengonsumsi air kelapa, bisa membuat bayi menjadi lebih bersih dan putih? Yap, masih banyak masyarakat yang mempercayai hal ini. Tapi benar ngga ya, mitos ini? Selain itu, apa sih, fakta yang terdapat pada air kelapa jika dikonsumsi ibu hamil? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Fakta konsumsi air kelapa pada bumil

Pada dasarnya, bumil dianjurkan untuk meminum air kelapa, agar kebutuhan cairannya saat hamil terpenuhi. Selain itu, air kelapa juga mengandung zat gizi makro (karbohidrat, lemak, dan protein) dan zat gizi mikro (vitamin dan mineral) yang baik buat bumil.

Air kelapa juga disebut sebagai salah satu minuman isotonis, karena kaya akan kandungan mineral, seperti kalium (17%), magnesium (15%), vitamin C (10%), rendah natrium dan tinggi serat. Hampir 94% komposisi air kelapa, merupakan air dengan kandungan kalori yang rendah.

Bumil dianjurkan untuk rutin mengkomsumsi air kelapa, untuk membantu menjaga volume darah, mencegah dehidrasi akibat mual dan muntah pada masa awal kehamilan. Selain itu, kandungan vitamin C pada air kelapa bisa membantu menjaga kesehatan pada kulit, loh!

Mitos air kelapa

Seperti yang kamu tahu, bahwa bayi yang ada di dalam kandungan ibu, akan mendapatkan makanan atau zat gizi dari apa yang dimakan oleh ibunya. Oleh karena itu, air kelapa dipercaya oleh beberapa masyarakat bisa membantu kulit bayi menjadi lebih bersih dan putih.

Tapi, pada dasarnya yang menentukan warna kulit adalah melamin atau pigmen kulit. Melamin yang diproduksi, akan dipengaruhi oleh kombinasi gen orang tua dan paparan sinar matahari.

Selain itu, dilansir dari salah satu artikel, menurut salah satu pakar kesehatan mengunggkapkan bahwa janin yang semakin tua, maka akan semakin bersih. Hal ini dikarenakan lemak yang menutupi janin semakin berkurang.

Jika lahir dengan umur yang cukup, yaitu diatas 36 minggu, maka janin akan bersih. Namun, jika kurang bulan, maka akan ada sisa lemak fernik pada kulit bayi. Di dalam kandungan, lemak ini digunakan untuk melindungi janin.

Nah Teman Sehat, itulah mitos dn fakta air kelapa yang banyak dikonsumsi oleh bumil. Jadi, air kelapa sangat aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena banyaknya manfaat yang diberikan. Yuk, tetap sehat selama masa kehamilan!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *