Yuk, Pikir Dua Kali Sebelum Minum Minuman Beralkohol!

Teman Sehat, minuman beralkohol mengaikbatkan berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung, hati, ginjal, sistem saraf, hingga kanker. Mungkin awalnya hanya minum sedikit saja, tetapi lama-kelamaan akhirnya kecanduan. Ngga heran, jika kamu menemui banyak pecandu alkohol yang menderita berbagai masalah kesehatan. Sebelum memutuskan mengonsumsi alkohol, ada baiknya berpikir berulang kali. Apa saja akibat yang ditimbulkan? Let’s check this out!

Pengaruh alkohol pada tubuh

Ketika kamu minum minuman beralkohol saat perut kosong, efeknya bisa terjadi kurang dari satu menit. Berbeda dengan makanan, alkohol ngga butuh waktu yang lama untuk dicerna.

person holding beer mug

Begitu alkohol masuk ke dalam perut maka enzim alami akan diproduksi, seperti alkohol dehidrogenase (ADH), sitokrom P450 (CYP2E1), dan katalase. Ketiga enzim ini bekerja sama mengubah alkohol menjadi asetaldehida, yaitu senyawa racun yang sangat mirip dengan formaldehida.

Inilah mengapa setiap kali orang minum minuman beralkohol lalu muncul gejala pusing, hilang rasa, penglihatan kabur, dan bicaranya jadi cadel. Hal tersebut disebabkan karena senyawa racun yang dihasilkan dari fermentasi gula alkohol atau dikenal sebagai etanol.

Apa yang akan terjadi pada pecandu alkohol?

Jika mengonsumsi alkohol dalam jumlah sedang, hati masih bisa memprosesnya dan alkohol lebih cepat dikeluarkan dari tubuh. Namun, jika sudah dalam tahap kecanduan maka tubuh ngga bisa lagi mengendalikan dan mengeluarkannya secara efektif. Ini karena jumlah alkohol yang masuk ke tubuh semakin banyak.

Di sinilah awal mula keracunan alkohol karena asetaldehida terjadi. Perlahan organ hati akan mencapai titik jenuhnya dan ngga bisa lagi menyaring senyawa racun. Saat asetaldehida masuk ke aliran darah, muncullah masalah kesehatan yang lebih serius.

Selain itu, senyawa racun asetaldehida juga berisiko menyebabkan alkoholisme karena pengaruhnya langsung pada otak. Sistem saraf di otak yang bereaksi dengan asetaldehida membentuk senyawa sejenis morfin. Senyawa inilah yang menyebabkan seseorang jadi kecanduan alkohol.

Bahaya minuman beralkohol

Melansir dari American Addiction Centers, terdapat beberapa bahaya minuman beralkohol pada wanita, pria, dan remaja. Tubuh wanita cenderung melakukan metabolisme lebih lambat daripada pria karena tubuh wanita umumnya lebih ramping dan lebih ringan sehingga cenderung lebih rentan terhadap efek alkohol.

two woman holding beer bottles

Wanita

Efek minuman beralkohol pada wanita, diantaranya:

  • Peningkatan risiko kanker payudara
  • Masalah kesuburan, seperti anovulasi, amenorea (wanita tidak menstruasi), cacat fase luteal (tahap proses kehamilan), dan hiperprolaktinemia (tingginya hormon prolaktin)
  • Komplikasi kehamilan, seperti keguguran, kelahiran prematur, kelainan otak, cacat bawaan, dan sindrom alkohol janin
  • Ketergantungan alkohol
  • Rentan mengalami serangan seksual
  • Depresi

Pria

Bahaya minuman beralkohol bagi pria, yaitu:

  • Gangguan sistem saraf pusat, seperti fungsi memori, penurunan konsentrasi, dan tremor
  • Berisiko tinggi mengalami asam urat (gout) karena kandungan purin alkohol sangat tinggi
  • Mengalami masalah penampilan fisik, seperti rambut rontok, pembesaran payudara, dan kemerahan pada wajah
  • Mengalami masalah fungsi seksual, termasuk gairah seksual atau libido menurun, disfungsi ereksi, ejakulasi dini, dan infertilitas
  • Peningkatan risiko kanker usus besar dan hati

Remaja

Risiko yang paling umum terjadi ketika remaja mengonsumsi minuman beralkohol adalah:

  • Terjerat narkoba, seperti memakai ganja bersamaan dengan mengonsumsi alkohol
  • Berhubungan seksual di bawah umur, sehingga berisiko lebih tinggi tertular penyakit menular seksual atau mengalami pernikahan dini
  • Putus sekolah
  • Bunuh diri karena depresi
  • Sulit konsentrasi saat belajar
  • Meningkatkan kejadian kecelakaan, seperti mengemudi saat mabuk, yang dapat menyebabkan denda, kehilangan lisensi, kehilangan kendaraan, bahkan hukuman penjara

Teman Sehat, tampaknya ngga ada hal baik yang terjadi karena minum minuman beralkohol, selain untuk bersenang-senang semata. Bahaya yang ditimbulkan lebih besar dibandingkan kesenangannya yang sementara. Jadi, pikirkan lagi sebelum memutuskan untuk meminumnya. Share artikel ini ke orang-orang di sekitar kamu, ya!

Editor & Proofreader: Mega Kurniawati, SGz

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.