Yuk, Simak Manfaat Makan bersama bagi Anak!

Teman Sehat, di situasi pandemi saat ini, apakah kamu menjadi lebih sering makan bersama keluarga? Yap, sering kali kegiatan ini terabaikan dan cenderung enggan diluangkan. Padahal kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mempererat hubungan antar anggota keluarga, loh! Mau tahu apa saja manfaat makan bersama, terutama bagi anak? Yuk, simak!

Pentingnya makan bersama

Selain lebih bersemangat saat menyantap menu makanan, suasana di ruangan juga terasa lebih hangat, loh! Kegiatan makan bersama keluarga, bisa menjadi ajang untuk saling bercerita satu sama lain dan membuat kenangan bersama.

Selain itu, momen ini juga bisa menjadi kesempatan bagi orang tua untuk mengajarkan anak berbagai hal, mulai dari tradisi makan dalam keluarga, nilai kehidupan, sopan santun, pendidikan, maupun kebiasaan makan yang sehat. Hal ini dikarenakan, kebiasaan makan sewaktu kecil akan mempengaruhi kebiasaan makan saat dewasa.

Manfaat makan bersama bagi anak

  1. Mengajarkan anak pola makan yang sehat sejak dini dengan membiasakan mengonsumsi makanan yang bervariasi, seperti buah dan sayur, serta bahan pangan bergizi lainnya
  2. Memastikan makanan yang dikonsumsi lebih bergizi dan terjamin keamanannya
  3. Membiasakan porsi makan sesuai kebutuhan
  4. Mencegah perilaku makan yang menyimpang (eating disorder)
  5. Terjalin kedekatan dan komunikasi yang baik antar anggota keluarga
  6. Melatih kemampuan bersoasilisasi dan komunikasi anak
  7. Menimbulkan perasaan aman pada anak secara psikologis, karena merasa lebih disayangi sehingga mengurangi resiko depresi maupun penyalahgunaan obat-obatan terlarang
  8. Menghemat pengeluaran untuk jajan di luar rumah
  9. Meningkatkan kemampuan memasak

Tips memulai kegiatan ini!

Kegiatan makan bersama bisa terlaksana, jika semua anggota keluarga berkomitmen untuk mewujudkannya. Teman Sehat bisa memulainya dengan beberapa tips ini:

  1. Mulailah dari frekuensi terendah, misalnya dengan makan bersama keluarga setidaknya 1 kali seminggu kemudian ditingkatkan frekuensinya dengan jadwal yang disesuaikan oleh setiap anggota keluarga.
  2. Tetapkan tanggal yang telah disepakati oleh anggota keluarga. Hal ini disebabkan, penetapan tanggal akan lebih memungkinkan rencana terlaksana
  3. Pilihlah salah satu diantara 3 waktu makan, bisa sarapan, makan siang atau makan malam. Waktu inilah yang bisa memungkinkan semua anggota keluarga bisa berkumpul.
  4. Siapkan makanan yang membutuhkan waktu memasak singkat dan ngga terlalu rumit
  5. Jadilah contoh bagi anak saat makan bersama, seperti menghabiskan makanan yang diambil dan ngga sibuk dengan gadget.
  6. Berilah pengertian jika anak ngga mau menghabiskan maupun memilah makanannya. Mintalah untuk mengonsumsinya sedikit, tanpa memaksa dan ajarkanlah untuk mengambil secukupnya.
  7. Biarkan anak menikmati waktu makanannya secara perlahan tanpa harus menyesuaikan kecepatan makan orang dewasa

Nah, itulah beberapa manfaat makan bersama yang bisa si kecil rasakan. Tapi ingat ya, jangan sampai suasana makan bersama rusak, karena kamu sibuk dengan gadget, membawa suasana pekerjaan ke rumah, maupun hal lainnya yang bisa menggangu suasana hangat saat bersama. So, jangan lupa dilakukan ya, selama WFH! Jangan lupa like, comment and share jika artikel ini bermanfaat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *