3 Warna Lidah Ini Patut Kamu Waspadai!

tongue-822441_640

Hai Teman Sehat! Kamu pasti tau kan kalau lidah merupakan alat indera yang berfungsi penting dalam kehidupan kita? Nah, kamu udah tahu belum kalau lidah mampu mencerminkan status kesehatan tubuhmu? Yap, ajaib memang!

Kondisi tubuh yang sehat memiliki warna lidah merah muda dan memiliki tonjolan kecil yang disebut papilla.

Tapi, kamu patut waspada kalau ternyata warna lidahmu menunjukkan warna yang beda dari biasanya. Warna apa aja? Terus apa artinya? Simak ini, Teman Sehat!

1. Putih

Image result for tongue white

Pernahkah lidahmu berwarna putih? Warna putih ini tampak seperti kumpulan warna putih kekuningan mirip warna keju. Ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan hal ini:

Infeksi Jamur

Hal ini dapat terjadi pada siapa aja, termasuk kamu, bayi, lansia, pengguna gigi palsu, penderita diabetes, pengguna steroid dan antibiotik, hingga seseorang yang punya kelemahan sistem kekebalan tubuh. Cara gampang buat mengatasi hal ini adalah dengan rajin membersihkan lidah menggunakan bagian belakang sikat gigi, kemudian berkumur dengan mouthwash. Tapi, buat penderita penyakit kronis, masalah ini ngga bisa diatasi dengan cuma membersihkan lidah. Ada obat tertentu buat mengatasinya.

Leukoplakia

Lapisan lidah yang berwarna putih dapat menunjukkan adanya pertumbuhan sel yang ngga wajar. Hal ini dapat berkembang menjadi kanker. Warna putih ini juga dapat disebabkan oleh iritasi akibat kebiasaan merokok.

Baca juga efek lain dari merokok di sini.

Oral lichen planus (OLP)

OLP adalah penyakit peradangan kronis. Penyebab dari penyakit ini belum diketahui secara pasti, tapi kamu harus waspada apabila terdapat plak putih pada lidahmu.

2. Merah tua

 Image result for tongue rednessWarna lidah yang merah yang terlalu tua menunjukkan ada hal yang ngga wajar nih, Teman Sehat! Munculnya warna merah tua ini bisa menunjukkan beberapa hal.

Kurang vitamin

Warna merah yang ngga wajar ini menunjukkan bahwa bisa aja kamu mengalami kekurangan vitamin B12 atau asam folat. Hal ini dapat ditangani dengan konsumsi sumber protein hewani atau suplemen vitamin. Vitamin B12 banyak terkandung pada ikan, daging, kerang, tempe, kacang tanah, dan hati sedangkan asam folat banyak terdapat pada sayur hijau, buah, dan kacang-kacangan.

Penyakit Kawasaki

Penyakit Kawasaki merupakan penyakit langka yang banyak menyerang anak dan balita. Penyakit ini bisa menyebabkan peradangan pada dinding pembuluh darah di seluruh tubuh. Penyebab penyakit ini belum banyak diketahui, tapi pakar kesehatan menduga hal ini disebabkan oleh kesalahan sistem kekebalan tubuh anak, reaksi obat, atau paparan zat kimia dari lingkungan sekitar.

3. Hitam

Image result for tongue black

Warna lidah yang hitam pasti bukan warna yang wajar. Timbulnya warna ini bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur di bagian lidah. Munculnya warna ini banyak dialami oleh perokok. Kejadian ini juga banyak terjadi pada penderita diabetes, kemoterapi, pengguna antibiotik atau penderita yang kurang menjaga kebersihan mulut. Hal ini bisa dicegah dengan membersihkan lidah menggunakan sikat berbulu halus atau benang harus untuk sela-sela gigi.

Apakah warna lidah kamu pernah berubah jadi salah satunya? Yuk, tuliskan jawabanmu di kolom komentar! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *