4 Bahan Alami mengobati Ambeien

Halo Teman Sehat! Apakah kamu pernah mengalami gejala seperti buang air besar berdarah, gatal, iritasi, nyeri pada area rektum, bengkak dan ada benjolan di dekat anus? Kalau iya, bisa jadi kamu ambeien! Ambeien atau wasir adalah kondisi kesehatan yang cukup serius jika ngga ditangani lebih lanjut. Tapi untungnya ada beberapa alternatif pengobatan alami yang bisa mengatasi ambeien.

Apa itu ambeien?

Ambeien (hemoroid, wasir) merupakan kondisi di mana pembuluh darah vena di sekitar anus mengalami pembengkakan (radang) karena adanya tekanan. Tekanan tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti kelamaan mengejan saat sedang BAB, terlalu banyak duduk, diare akut, konstipasi, kehamilan, obesitas dan karena kurang asupan serat.

Ambeien terbagi dalam dua tipe:

  • Internal hemorroid, yaitu ambeien yang muncul di dalam saluran rektum. Tipe ambeien ini bisa menyebabkan BAB berdarah, tapi tidak ada nyeri yang terasa.
  • External hemorrhoid, yaitu ambeien yang muncul di luar anus. Tipe ambeien ini menyebabkan penderitanya merasakan gatal dan nyeri pada anus, terkadang ambeien ini juga bisa robek dan berdarah.

Pengobatan ambeien secara alami

Meski belum terbukti seberapa efektif bahan-bahan alami ini dalam mengatasi ambeien, tapi ngga ada salahnya buat dicoba di rumah. Yuk, cari tahu!

  • Lidah Buaya. Tanaman benama latin Aloe vera ini memiliki sifat anti-inflamasi, melunakkan dan meredakan rasa nyeri. Cocok banget kan kalau dijadiin obat ambeien? Dengan sifat-sifatnya itu, lidah buaya bisa menenangkan dan merilekskan vena dari radang dan menyusutkan ukuran ambeien. Lidah buaya juga mengandung anthraquinone, senyawa kimia yang bisa mengencangkan dinding saluran pencernaan dan mendorong pelunakan isi usus sehingga BAB bisa keluar lebih lancar. Seperti yang dilansir dari progressivehealth, sebuah penelitian yang diterbitkan Indian Journal of Dermatology (2008) menyebutkan bahwa, dalam lidah buaya ditemukan bradykinesia, yaitu suatu enzim yang bisa mengurangi iritasi ketika dioleskan.
  • Bawang Putih. Untuk mengobati ambeien, bawang putih bisa diaplikasikan langsung pada ambeien, atau bisa juga dimakan langsung baik mentah atau dimasak terlebih dahulu. Peran bawang putih sebagai obat ambeien adalah sebagai anti-inflamansi dan antibakteri sehingga bisa mengurangi iritasi dan rasa nyeri.

  • Cuka apel. Saat mandi, kamu bisa mencampurkan cuka apel dengan air untuk membilas anus, atau kamu juga bisa melakukan pengaplikasian dengan cara lain, misalnya dengan merendam kapas pada sari cuka apel sebelum mengoleskannya ke daerah ambeien. Ulangi proses ini sampai peradangan menghilang dan rasa nyeri mereda.
  • Es batu. Sebenarnya penggunaan es batu di sini bukan sebagai obat ya Teman Sehat, tapi sebagai pereda nyeri yang diakibatkan pembengkakan. Kamu bisa menempelkan es batu pada area ambeien selama sekitar 10 menit atau sampai bengkaknya berkurang. Kalau dirasa ngga kuat dengan dinginnya es, Teman Sehat bisa membungkus es terlebih dahulu dengan kain atau handuk yang lembut sehingga es tidak langsung menempel pada kulit.

Bagaimana kalau gejala ambeien ngga kunjung membaik?

Kalau Teman Sehat mengalami gejala seperti ini :

  • Wasir terasa sangat nyeri dan tidak membaik dengan pengobatan di rumah
  • BAB berdarah
  • BAB berwarna kehitaman
  • Pusing

Itu artinya Teman Sehat harus segera berkonsultasi dengan dokter!

Terlepas dari semua itu, ada baiknya kamu melakukan beberapa pencegahan agar terhindar dari ambeien. Rutinlah mengonsumsi makan makanan tinggi serat, minum cukup air, ngga menahan-nahan BAB, tidak mengejan terlalu keras saat BAB,  serta jangan biasakan duduk terlalu lama. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *