4 Penyakit Mata yang Perlu Kamu Tau

Teman Sehat, tahukah kamu? Kalau mata merupakan salah satu organ tubuh manusia yang penting bagi kehidupan? Yap, untuk itu kamu perlu menjaga kesehatannya, agar ngga mudah terserang penyakit. Perlu kamu tau, ternyata ada beberapa penyakit yang bisa menyerangnya, loh! Mulai dari yang ringan sampai bisa dianggap serius. Mau tau penjelasan lebih lanjutnya? Let’s check it out!

1. Ablasi Retina

Ablasi retina atau retina lepas, merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena adanya robekan pada retina. Penyebab lainnya yaitu, adanya desakan tumor, cairan, nanah, atau darah pada daerah mata. Ciri-ciri jika kamu mengalami ablasi retina adalah penglihatan yang mendadak kabur, mengalami floater (adanya bintik atau kotoran hitam pada mata) dan mengalami sensasi kilatan cahaya (fotopsia).

2. Katarak

Katarak atau pearleye, merupakan gangguan penglihatan yang disebabkan oleh lensa mata yang keruh, sehingga cahaya yang masuk ngga bisa diterima oleh retina dengan sempurna. Ada 5 jenis katarak berdasarkan penyebabnya, yaitu:

  • Katarak kongenital, yaitu katarak yang timbul sejak dalam kandungan atau setelah dilahirkan
  • Katarak traumatik, yaitu katarak yang terjadi akibat kecelakaan
  • Katarak sekunder, yaitu katarak yang disebabkan karena komplikasi penyakit diabetes
  • Katarak senilis, yaitu katarak yang timbul setelah seseorang berusia 40 tahun
  • Katarak komplikasi, yaitu katarak yang disebabkan oleh infeksi atau akibat penyakit lainnya

3. Diplopia

Diplopia atau biasa disebut dengan penglihatan ganda, merupakan salah satu gangguan yang menyebabkan objek terlihat ganda (double). Diplopia disebabkan karena adanya gangguan pada pergerakan otot bola mata, sehingga ngga ada keselarasan dalam penglihatan.

Selain itu penyebab lainnya adalah kerusakan syaraf akibat stroke, cedera pada otot mata, kerusakan penyangga bola mata, dan tumor otak. Diplopia yang terjadi pada kedua bola mata disebut diplopia binokular, sedangkan yang hanya terjadi pada satu mata disebut diplopia monokular.

4. Trikiasis

Trikiasis merupakan kondisi bulu mata yang mengarah ke dalam bola mata. Kondisi ini akan menyebabkan bulu mata menggosok kornea. Penyebab trikiasis yaitu trakoma atau sakit mata yang disebabkan oleh bakteri C. trachomatis dan segala jenis trauma mata.

Ciri-ciri dari penyakit ini yaitu, fotofobia (silau bila melihat cahaya), merasa kelilipan, pengikisan pada kornea, dan pengeluaran air mata (lakrimasi). Tenang, Teman Sehat penyakit ini, bisa ditangani dengan cara mencabut bulu mata yang salah tumbuh, terapi krio, dan melakukan bedah plastik.

Gimana Teman Sehat? Sekarang udah tahu kan, penyakit yang bisa menginfeksi mata kamu? Yuk, sayangi mata kamu dengan menjaganya dari bahaya fisik (debu dan partikel lain yang membahayakan), konsumsi makan yang mengandung vitamin A dan mengecek kesehatan 6 bulan sekali ke dokter mata.

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *